||Dana Cita Jawab Kekhawatiran Mahasiswi STIKS Tarakanita yang Terancam Berhenti Kuliah

Dana Cita Jawab Kekhawatiran Mahasiswi STIKS Tarakanita yang Terancam Berhenti Kuliah

2019-05-03T14:22:58+00:00Cerita Komunitas|0 Comments

Setiap mahasiswa tentu ingin lulus kuliah tepat waktu. Salah satu alasannya agar bisa segera hidup mandiri secara finansial. Namun, bagaimana jika impian itu terancam karena tak bisa bayar uang semester? Itulah yang dialami Maria, mahasiswi semester 4 Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita.

Perempuan bernama lengkap Maria Mina Yen Da Silva ini memulai studinya di STIKS Tarakanita tahun 2017. Karena merupakan program D3, rencananya Maria akan menyelesaikan studinya dalam waktu tiga tahun–lima semester pertama belajar teori, dan di semester terakhir menjalani Prakerin atau Praktik Kerja Industri.

Baru memasuki semester kedua perkuliahan, Maria sudah menghadapi kendala. Uang semester satu yang masih menunggak membuatnya terancam tak bisa meneruskan kuliah.

Beasiswa dari gereja yang Maria terima ternyata belum cukup untuk menutupi biaya kuliah yang cukup mahal. Ia sudah mencoba berbagai cara–termasuk mencari pinjaman dari keluarga, tapi sayang tak ada yang membuahkan hasil.

Saat tengah merasa terpuruk, salah seorang teman Maria di asrama memperkenalkannya pada solusi pembiayaan pendidikan Dana Cita.

Dana Cita adalah platform penyedia pinjaman pendidikan yang hadir di Indonesia untuk membantu para pelajar dan mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun lembaga pelatihan dan sertifikasi.

Mendengar masukan dari sang teman, Maria lantas mencari informasi lengkap tentang Dana Cita sebelum kemudian membawa kabar baik itu kepada ayahnya.

Setelah memperhitungkan suku bunganya yang terjangkau, yakni di kisaran 1 hingga 1,75 persen flat per bulan, sang ayah langsung menyetujui dan mendukung Maria untuk memanfaatkan pinjaman pendidikan dari Dana CIta.

Tak tanggung-tanggung, ia langsung mengajukan pinjaman untuk membiayai kuliahnya sampai lulus.

“Dana Cita benar-benar sangat memuaskan. Karena prosesnya cepat, aku jadi bisa lanjut kuliah lagi.”

Sebelum jatah absennya habis, uang dari Dana Cita sudah dicairkan ke pihak STIKS Tarakanita sehingga Maria dapat meneruskan kuliahnya dan semakin semangat mengejar cita-citanya di masa depan. Apalagi ia juga berkesempatan mengikuti program pengembangan diri Dana Cita.

 Calon sekretaris yang senang mengajar

Sejak duduk di bangku SMK, Maria sudah menekuni ilmu kesekretariatan. Menurutnya, peluang karier untuk bidang pekerjaan ini sangat terbuka lebar.

Bagaimana tidak? Setiap perusahaan atau organisasi tentu membutuhkan tenaga kerja yang kompeten untuk melakukan pekerjaan administratif, dan itu semua dipelajari oleh Maria di STIKS Tarakanita.

“Saya belajar mengatur jadwal pimpinan, mengarsip, membuat surat bisnis, mengetik 10 jari, dan bahasa Inggris juga harus bagus.”

Dana Cita | mahasiswi STIKS Tarakanita terancam berhenti kuliah

Maria bersama teman-teman kampus di STIKS Tarakanita (Photo by Maria)

Selain memperlancar bahasa Inggris, Maria juga mendalami bahasa Jepang serta mengikuti klub mahasiswanya. Ia berharap setelah lulus nanti bisa bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan Jepang.

Meskipun baru diwajibkan mengikuti prakerin di semester enam, Maria sudah berinisiatif untuk mengumpulkan pengalaman profesional dari sekarang.

Selain menjalani kerja magang di bagian keuangan STIKS Tarakanita, Maria juga mengisi waktu luangnya di akhir pekan dengan mengajar kursus privat Matematika.

Maria tak pernah pelit membagikan ilmunya. Ia mengaku sangat suka mengajar. Di lingkungan kampus, ia kerap dipercaya oleh teman-temannya untuk mengajari mereka bahasa Jepang.

Setelah menyelesaikan kuliah D3-nya nanti, Maria berencana ingin langsung bekerja dan mengumpulkan uang untuk melanjutkan kuliah S1 di tahun berikutnya. Namun, bukan di bidang yang sama, melainkan ia ingin mengambil jurusan Psikologi atau Keguruan.

“Aku memandang guru itu tahu segalanya karena itu aku bercita-cita jadi guru.”

Leave A Comment

Share via