||Pentingnya Organisasi di Mata Mahasiswa FH UI

Pentingnya Organisasi di Mata Mahasiswa FH UI

2019-02-19T11:59:12+00:00Cerita Komunitas|0 Comments

#CeritaKomunitas kali ini akan kembali mengulas kisah dari salah satu Campus Ambassador Dana Cita, Tasha. Tasha merupakan mahasiswa Kelas Internasional Jurusan S1 Hukum di Universitas Indonesia (FH UI).

 

Pentingnya Organisasi di Mata Mahasiswa FH UI

Tasha (kedua dari kanan) bersama teman-teman.

Berawal dari kesukaannya terhadap debat yang mengutamakan data-data valid dan reasonable membuat Tasha sangat tertarik untuk menekuni lebih dalam terkait ilmu hukum.

Ia bercita-cita ingin menjadi seorang pengacara handal, professional dan kompeten yang mampu memberikan kontribusi dalam ranah hukum di Indonesia.

Tertarik mempelajari hal-hal baru membuat Tasha aktif mencoba berbagai tantangan baru di kampus–seperti halnya keterlibatan di berbagai acara kepanitiaan dan beberapa organisasi kampus.

Ia merasa memiliki tantangan tersendiri ketika masuk ke dalam bidang organisasi yang menuntutnya untuk bisa bekerjasama dengan berbagai macam karakter orang.

Keterlibatannya dalam beberapa organisasi juga membuat Tasha memiliki kesempatan untuk menjalankan amanah baru dalam organisasi, diantaranya Staff Advokasi di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia Tahun 2017, Kepala Bagian Pelayanan Eksternal di Koperasi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia Tahun 2018 dan juga pernah terlibat menjadi anggota di Student Catalyst Regional Jakarta 2018.

Tasha merasa bahwa keterlibatannya di berbagai organisasi membuat ia belajar banyak hal tentang komitmen, manajemen waktu dan kerjasama dalam tim yang sangat bermanfaat bagi pengembangan dirinya untuk masa depan.

Tasha juga banyak belajar tentang kepemimpinan dimana ia pernah berhasil menjadi Project Leader dalam acara Kopma Festival Fakultas Hukum Tahun 2017. “Berkat tim yang solid dan kooperatif, acara tersebut berjalan dengan lancar” tuturnya.

Aktif di berbagai kegiatan kampus tak membuat ia melalaikan kegiatan perkuliahan di kelas. Tasha mengaku tak pernah bolos kuliah walau banyak kesibukan dalam mengikuti berbagai kegiatan kampus.

Baginya, kuliah akan tetap menjadi prioritas utama selama mengemban tugas sebagai mahasiswa. IPK yang tinggi dan konsisten per semester membuat Tasha menjadi salah satu bukti nyata bahwa mahasiswa tetap bisa fokus akademik walau banyak kegiatan di luar perkuliahan.

Berkat prestasi akademiknya, Tasha juga sempat beberapa kali dipercaya sebagai asisten peneliti di beberapa proyek penelitian dosen.

Di luar kegiatan kampus, Tasha sangat terinspirasi dari kisah sukses Elon Musk yang merupakan pengusaha visioner kelas dunia yang telah mendirikan beberapa perusahaan raksasa, seperti Tesla, SpaceX dan SolarCity.

Elon Musk yang terkenal memiliki strategi manajemen waktu yang baik membuat Tasha semakin belajar banyak hal terkait cara mengelola waktu yang baik antara kegiatan akademik dan non akademik di kampus. Kisah sukses Elon Musk membuat Tasha semakin percaya bahwa kerja keras dengan strategi manajemen waktu yang tepat akan mengantarkannya menuju impian untuk menjadi pengacara handal yang terbaik dibidangnya suatu saat nanti.

 

Pentingnya Organisasi di Mata Mahasiswa FH UI

Elon Musk, sosok inspirasi Tasha. Hak cipta gambar : TED.com

Berbicara tentang Dana Cita, rasa empati terhadap beberapa temannya yang masih memiliki kendala pembayaran biaya kuliah di kampus mendorong Tasha untuk ambil bagian menjadi Campus Ambassador di Dana Cita.

“Kehadiran Campus Ambassador di Dana Cita menjadi wadah yang mempertemukan saya dengan orang-orang dengan visi yang sama untuk memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan di Indonesia”

Menurut Tasha, Dana Cita merupakan platform baru yang hadir untuk memberikan solusi pinjaman dana pendidikan bagi mahasiswa yang kesulitan membayar biaya kuliah. Proses pengajuan yang mudah dengan durasi angsuran yang relatif lama membuat Dana Cita semakin memudahkan langkah banyak anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Keterlibatannya menjadi Campus Ambassador di Dana Cita juga menjadi salah satu wadah bagi Tasha untuk memiliki jejaring pertemanan di lingkungan Campus Ambassador yang memiliki visi yang sama dalam membantu teman-temannya dalam bidang pendidikan, khususnya terkait kendala biaya pendidikan. Tasha juga mengaku banyak mendapatkan inspirasi dari sosok Co-Founders Dana Cita yaitu Susli Lie dan Naga Tan yang memiliki segudang prestasi dan semangat yang tinggi untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Saya berharap Dana Cita bisa terus tumbuh dalam memberikan solusi biaya pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menempuh pendidikan tinggi .“


PS : Kami akan rutin memuat tulisan #CeritaKomunitas. Kami bangga akan komunitas kami dan dengan senang hati ingin menyebarkan pesan-pesan inspiratif dari komunitas kami ini!

Leave A Comment

Share via