||Keseruan Cushion Chat Student Loan di American Corner Universitas Airlangga

Keseruan Cushion Chat Student Loan di American Corner Universitas Airlangga

2018-11-28T14:05:14+00:00News|0 Comments

Pada 16 September 2018, Campus Ambassador Dana Cita bekerja sama dengan American Corner Universitas Airlangga mengadakan acara Cushion Chat yang bertemakan student loan. American Corner merupakan program kemitraan antara Kedutaan Amerika Serikat dengan Universitas Airlangga (UNAIR). American Corner menyediakan akses informasi terbaru dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, kebudayaan, pendidikan, dan kehidupan sosial di Amerika melalui bahan pustaka seperti buku-buku, Internet, CD-ROM, dan DVD.

American Corner juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan seru, seperti chit chat, conversation, latihan public speaking, dan lain-lain, yang pada dasarnya bertujuan mengasah kemampuan bahasa Inggris peserta.

Program Cushion Chat sendiri merupakan salah satu bagian dari rangkain program American Corner yang ditujukan untuk membagikan pengetahuan-pengetahuan baru dalam bentuk diskusi dengan topik tertentu, sekaligus mendorong para peserta untuk berinteraksi dengan pembawa materi menggunakan bahasa Inggris setidaknya 80% dari keseluruhan acara.

Acara Cushion Chat ini berlangsung di lantai 3 perpusatakaan UNAIR. Para speaker-nya, yakni Wahyu Pratama Anggara dan Rahmadi Pratama Aritonang—yang juga merupakan Campus Ambassador Dana Cita Universitas Airlangga, menyampaikan beragam informasi terkait student loan, seperti apa itu student loan, bagaimana cara kerja student loan, bagaimana mendapatkan student loan dan cara pengembalian pinjamannya, serta pengenalan Dana Cita dan program-program yang diusungnya.

 

Keseruan Cushion Chat Student Loan di American Corner Universitas Airlangga

Suasana pemaparan pinjaman pendidikan oleh Campus Ambassador Dana Cita! (Photo by Dana Cita)

Pemateri pertama, yakni Rahmadi berusaha menyampaikan pengertian dan atribut-atribut student loan, termasuk perdebatan-perdebatan yang sering muncul. Sebagai contoh, apakah kehadiran program student loan ini benar-benar membantu para pelajar atau sebenarnya hanya untuk mengambil keuntungan ekonomi semata alias bagian dari bad loan?

Adapun menurut Rahmadi, sebenarnya student loan itu merupakan good loan yang pada dasarnya bertujuan baik untuk membantu para pelajar mendapatkan pendidikan. Akan tetapi, permasalahannya tidak semua student loan demikian. Sebagian program student loan hadir dengan tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi sebesar-besarnya tanpa mempedulikan tujuan awal student loan itu sendiri.

Diskusi ini kemudian mendorong rasa penasaran dari para peserta, apakah Dana Cita termasuk good loan atau justru bad loan?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri kedua, yakni Wahyu Pratama Anggara, yang mulai menerangkan kendala-kendala dalam pendidikan di Indonesia, profil Dana Cita, cara kerja pinjaman pendidikan, komunitas Dana Cita, hingga mengenai Campus Ambassador dan program bebas administrasi yang ditawarkan Dana Cita. Semua ini dipaparkan oleh Pratama untuk meyakinkan para peserta bahwa Dana Cita merupakan good loan yang bertujuan untuk memfasilitasi para pelajar di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dengan suku bunga yang terjangkau.

Dalam Cushion Chat ini, para peserta yang hadir juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang student loan dan Dana Cita. Dari serangkaian pertanyaan yang diajukan, terlihat bahwa para peserta sangat antusias dengan hadirnya Dana Cita beserta program-programnya. Kebanyakan pertanyaan tersebut adalah tentang kelebihan dan proses pengajuan Dana Cita.

Para speaker yang dibantu oleh teman-teman Campus Ambassador berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan sebaik mungkin, termasuk dengan memutar video tentang proses bagaimana cara mengajukan pinjaman di Dana Cita.

Setelah sesi diskusi, para peserta dan Campus Ambassador melakukan sesi foto bareng sebagai bagian dari akhir acara Cushion Talk yang dilakukan di American Corner Universitas Airlangga.

 

Keseruan Cushion Chat Student Loan di American Corner Universitas Airlangga

Foto bersama Campus Ambassador UNAIR dengan peserta Cushion Talk di American Corner. (Photo by Dana Cita)

Leave A Comment

Share via