||Steps to Your Dream Future: Bekerja, Berwirausaha, atau Kuliah di Luar Negeri?

Steps to Your Dream Future: Bekerja, Berwirausaha, atau Kuliah di Luar Negeri?

2019-02-19T10:25:35+00:00News|0 Comments

Bekerja, berwirausaha, atau kuliah di luar negeri? – Sebagai platform pembiayaan pendidikan terjangkau di Indonesia, salah satu visi Dana Cita adalah untuk membuka akses pendidikan di tanah air sehingga lebih banyak generasi muda yang dapat menggapai mimpi mereka. Namun, lebih dari itu Dana Cita juga ingin berkontribusi dalam membuka akses informasi dan bimbingan yang sama pentingnya untuk mencapai visinya. Salah satu program pengembangan komunitas Dana Cita adalah seminar Steps to Your Dream Future yang berhasil dilaksanakan di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada tanggal 11 Desember 2018.

Tema dan Pembicara yang Keren!

Seminar ini mengangkat tema tentang langkah-langkah menuju tiga jalur karier. Tujuan dari seminar ini adalah memberikan motivasi dan arahan kepada mahasiswa tentang pilihan langkah yang dapat mereka tempuh untuk meraih cita-cita mereka, baik itu untuk menjadi seorang pendiri atau pimpinan startup, konsultan di perusahaan ternama, maupun mengambil jalur akademisi dan melanjutkan studi ke tahap S2/S3 di luar/dalam negeri dengan beasiswa.

Acara ini dihadiri oleh tiga pembicara yang masing-masing memiliki pengalaman dengan pilihan cita-cita tersebut, yaitu Vincencia Sydneyta (Product Supply Associate Management at P&G), Wendy Pratama (Founder and Headmaster at Lingkaran.co), dan Rizqarossaa Darni (LPDP Awardee at Columbia University).

Sesi Pembuka

Acara ini dibuka dan disambut oleh MC yaitu Tsarah dan Anjani–yang merupakan salah satu Campus Ambassador Dana Cita Chapter UI. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan performance oleh Winnie Bernadine yang menyanyikan lagu tema seminar kali ini, yaitu A Million Dreams dari film The Greatest Showman. Tak lama kemudian, acara dilanjutkan ke agenda utama, yaitu presentasi dari ketiga pembicara yang dimoderatori oleh Myra Saviera (VP of Incoming Global Entrepreneur at AIESEC UI).

Dana Cita | Bekerja, berwirausaha, atau kuliah di luar negeri

Diskusi bersama ketiga pembicara yang dimoderatori oleh Myra Saviera (Photo by Campus Ambassador UI)

Tips Berkarier dari Kak Sydney

Saat kuliah, Kak Sydney terbilang aktif di kegiatan kampus maupun ekstra kampus. Tetapi, masa kuliah adalah masa di mana kita mempertanyakan jati diri kita dan mencari tahu apa yang sebetulnya kita inginkan. Kita mempersiapkan diri untuk dunia pasca-kampus tanpa tahu dunia seperti apa yang benar-benar diinginkan.

Kak Sydney pernah ada di situasi seperti ini, pernah merasa bingung harus ke mana. Akhirnya, Kak Sydney mulai tahu apa keinginannya, dia ingin bekerja di perusahaan multinasional. Salah satu pesan yang disampaikan Kak Sydney untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan di perusahaan multinasional adalah dengan terus fokus kepada beberapa perusahaan saja.

Kita harus punya target, dan fokuskan diri kepada dream company. Meskipun gagal, kita harus coba terus dan persiapkan rencana-rencana lainnya apabila memang tidak cocok di dream company yang selalu kita idamkan. Menjaga mimpi dengan baik itu sangat penting, meskipun apa yang kita inginkan belum terpenuhi, hal ini bisa membuat kita tetap fokus!

Tips Berwirausaha dari Kak Wendy

Salah satu tujuan utama dalam berbisnis adalah untuk mencari profit. Oleh sebab itu, Kak Wendy menyarankan teman-teman yang ingin mendirikan startup agar memulainya dengan modal sendiri jika memungkinkan. Kak Wendy menekankan bahwa profit yang diperoleh seharusnya menjadi hak pengusaha dan bukan untuk melunasi pinjaman.

Selain itu, Kak Wendy juga menyampaikan pesan bahwa untuk memulai startup, kita harus tau siapa yang akan kita tolong atau bantu dengan usaha kita karena pada dasarnya tujuan dari startup adalah untuk problem solving. Kak Wendy juga berpesan kepada teman-teman untuk berani mengambil langkah baru setelah gagal dalam menggapai mimpi. Kita semua memiliki kemungkinan-kemungkinan yang tak terhingga, jangan takut untuk bangkit dan mencoba cara baru. Seperti tagline Lingkaran, yaitu: meet your next possibilities!

Dana Cita | Bekerja, berwirausaha, atau kuliah di luar negeri

Suasana seminar Steps to Your Dream Future (Photo by Campus Ambassador UI)

Tips Beasiswa ke Luar Negeri dari Kak Rossaa

Beasiswa yang tersedia untuk melanjutkan kuliah di luar negeri banyak jenisnya dan institusi penyedianya pun berbeda-beda. Ada beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, ada yang disediakan oleh swasta dalam negeri, ada pula yang disediakan oleh berbagai institusi di luar negeri. Setiap penyedia beasiswa tentunya memiliki tujuannya masing-masing yang sudah pasti berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, pelamar beasiswa harus paham betul apa tujuan dari penyedia beasiswa agar dapat menyesuaikan visi.

Selain itu, Kak Rossa juga memberi tips bagi teman-teman yang memiliki minat khusus yang beda jalur dengan studinya. Kak Rossa membagikan pengalamannya yang memberanikan diri menghubungkan studi sarjananya Hubungan Internasional dengan minatnya di dunia pendidikan untuk mengambil jurusan Master of International Educational Development di Columbia University.

 Sesi Diskusi dan Q&A Bersama Myra

Setelah semua pembicara memaparkan presentasinya mengenai tips untuk menggapai mimpi mereka, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Myra. Pada sesi ini, ketiga pembicara diminta untu memberikan pendapatnya mengenai kekurangan dan kelebihan dari setiap pilihan yang ada. Hasil diskusi yang cukup lama oleh ketiga pembicara adalah setiap pilihan karier antara bekerja, mendirikan startup, dan melanjutkan kuliah tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Ketiga pilihan karier tersebut sangat berkaitan sehingga dapat saling melengkapi kekurangannya.

Diskusi dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya-jawab untuk dua orang penanya. Pertanyaan pertama adalah: Bagaimana cara untuk bangkit ketika sedang down? Ketiga pembicara mengatasinya dengan cara yang kurang lebih sama, yaitu terus mengingat tujuan kita, terus mengingat our “why”.

Dana Cita | Bekerja, berwirausaha, atau kuliah di luar negeri

Para peserta antusias mengajukan pertanyaan kepada ketiga pembicara (Photo by Campus Ambassador UI)

Pertanyaan berikutnya berasal dari peserta yang masih duduk di bangku SMA dan sedang dilema apakah akan melanjutkan kuliah atau langsung bekerja, adapun pertanyaannya cukup simpel, yaitu: Apakah kuliah penting? Untuk pertanyaan ini pun, ketiga pembicara sependapat bahwa kuliah itu penting. Kak Wendy sebagai seorang entrepreneur yang sering bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, membagikan pengalamannya bekerja dengan orang yang pernah kuliah dan tidak pernah kuliah. Meskipun keduanya memiliki skill yang sama, tetapi pola pikir keduanya berbeda karena orang yang pernah kuliah memiliki pola pikir yang lebih sistematis.

Sesi Penutup

Setelah sesi diskusi dan tanya-jawab, acara pun dikembalikan kepada MC untuk memandu penyerahan plakat dari panitia kepada pembicara dan moderator. Sebelum acara berakhir, perwakilan Campus Ambassador Dana Cita memaparkan presentasi mengenai pengenalan pinjaman pendidikan Dana Cita. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan networkng session hingga pukul 17.00 WIB.

Dana Cita | Bekerja, berwirausaha, atau kuliah di luar negeri

Foto bersama di akhir acara (Photo by Campus Ambassador UI)

Leave A Comment

Share via