||5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Calon Pekerja Baru

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Calon Pekerja Baru

2019-06-27T14:25:01+00:00Pengembangan Diri|0 Comments

Para mahasiswa yang sedang menjalani dunia perkuliahan suatu saat nanti akan terjun ke dunia profesional sebagai calon pekerja baru. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk menyiapkan diri dengan berbagai kemampuan.

Masa kuliah merupakan kesempatan untuk menimba ilmu sebaik-baiknya. Namun, tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja suatu saat nanti.

Sebagai calon pekerja baru, kamu harus punya berbagai jenis kemampuan supaya tidak kalah bersaing dengan mahasiswa lain.

Ingat, dunia terus berubah. Perkembangan zaman menuntut kemampuan khusus bagi para pelakunya. Menghadapi kondisi tersebut, calon pekerja baru harus adaptif jika tidak ingin ketinggalan.

Berikut ini lima hal yang bisa kamu persiapkan dari sekarang:

1. HARD SKILL MUMPUNI

Hard skill dapat diartikan sebagai kemampuan teknis khusus yang dimiliki seseorang. Kemampuan ini merupakan modal penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Calon pekerja harus memiliki hard skill yang mumpuni sebagai kunci untuk meraih kesempatan di dunia profesional.

Contoh mudahnya adalah kemampuan coding. Seseorang yang mumpuni dalam bahasa pemrograman bakal lebih mudah bekerja di berbagai sektor industri karena kemampuannya diperlukan pada masa kini.

Pendidikan tinggi merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan kecakapan tersebut. Tak hanya itu, hard skill juga bisa dikuasai secara autodidak atau dipelajari di luar institusi pendidikan formal. Dengan begitu, kamu sudah punya nilai plus untuk bersaing dengan calon pekerja lainnya.

2. SOFT SKILL UTAMA

Dalam dunia profesional, punya hard skill saja tidak cukup, tapi soft skill juga tak kalah penting.

Soft skill berkaitan erat dengan kecerdasan emosional. Berbeda dengan hard skill, kemampuan ini tidak terlihat secara nyata karena menyangkut karakter pribadi seseorang yang dapat meningkatkan interaksi individu, kinerja pekerja, maupun prospek karier. Secara sederhana, soft skill dapat dilihat sebagai kecerdasan emosi seseorang dalam menyikapi sebuah situasi.

Ada banyak soft skill yang dibutuhkan dalam dunia profesional. Beberapa yang paling penting adalah kemampuan bekerja sama, tekun dan mau belajar, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan, hingga terampil dalam berbicara di depan umum.

3. BERMEDIA SOSIAL

Agar bisa bersaing di era modern, seorang calon pekerja harus mampu memanfaatkan media sosial dengan baik. Mengapa demikian?

Kekuatan media sosial tak boleh dianggap remeh. Meski terkesan sepele, media sosial sejatinya memiliki manfaat besar bagi perkembangan seseorang.

Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai etalase untuk memperlihatkan kecakapan yang dimiliki. Misalnya, kalau kamu memiliki kemampuan mendesain, kamu dapat memperlihatkan hasil-hasil karyamu kepada publik melalui akun Instagram.

Dengan begitu, kamu akan lebih dikenal mempunyai kapabilitas di bidang tersebut. Bukan tak mungkin peluang karier yang baik akan semakin terbuka.

Selain itu, perlu diketahui bahwa sekarang recruiter di perusahaan kerap melihat latar belakang seorang kandidat dari media sosialnya. Mereka bakal menilainya dari konten-konten yang diunggah di sana.

Oleh karena itu, kamu wajib menjaga cara berkomunikasi di media sosial agar tetap positif. Jangan sampai sebuah kesempatan hilang karena kesan yang kamu perlihatkan di media sosial justru negatif.

4. BERBAHASA ASING

Kemampuan berbahasa asing yang baik sekarang sudah menjadi keharusan. Para calon pekerja mesti menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, supaya bisa bersaing dengan pihak lain.

Perkembangan teknologi saat ini telah membuka sekat-sekat antarnegara. Dampak globalisasi pun terasa di mana-mana sehingga bukan hal yang aneh ketika kita bisa berhubungan dengan pihak-pihak dari negara lain dengan mudah.

Kemampuan berbahasa asing akan memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan pihak asing. Yang tak kalah penting, hal ini akan menjadi nilai lebih kamu dibanding orang lain.

Oleh karena itu, kamu sebagai calon pekerja baru disarankan untuk menguasai beberapa bahasa asing utama seperti bahasa Inggris, Mandarin, Arab, Spanyol, atau Prancis. Silakan pilih mana yang paling dibutuhkan. Niscaya keahlian tersebut akan sangat berguna di kemudian hari.

5. BERPIKIR KREATIF

Kreativitas diperlukan dalam berbagai industri dan bidang pekerjaan. Di dunia profesional, sosok-sosok yang kreatif dan inovatif itulah yang dibutuhkan.

Mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif. Namun, jangan takut kalau kamu merasa belum memilikinya karena kecakapan tersebut dapat diasah dan dilatih.

Terdapat beberapa cara untuk mengasah cara berpikir kreatif. Kamu dapat memulainya dengan mencoba hal-hal baru, belajar sesuatu yang tidak dikuasai, hingga berani keluar dari rutinitas dan zona nyaman.

Memperbanyak membaca dan membuat catatan tentang berbagai hal akan sangat menolong kamu untuk menghadirkan kreativitas. Terlebih lagi jika dipadu dengan kemauan untuk terus berpikir di luar kebiasaan. Kalau konsisten melakukannya, kamu akan terbiasa berpikir kreatif dan melahirkan inovasi. Itulah kunci untuk bersaing dengan calon pekerja lain.

Beberapa kemampuan yang wajib dimiliki seorang calon pekerja baru sudah dipaparkan. Sekarang saatnya kamu mengambil langkah awal untuk menguasainya!

Leave A Comment

Share via