||5 Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik

5 Tips Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik

2019-07-19T17:02:23+00:00Pengembangan Diri|0 Comments

Melakukan presentasi sering kali dianggap menakutkan, baik bagi mahasiswa maupun para profesional. Apalagi kalau kamu tidak terbiasa melakukan public speaking alias berbicara di depan banyak orang, sambil menyajikan data. Nah, mengetahui tips membuat PowerPoint yang menarik bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri kamu saat melakukan presentasi.

Untuk menyajikan presentasi yang baik, kamu harus menyelesaikan satu per satu elemen dari presentasi. Mulai dari mempersiapkan materi, data yang akan dipresentasikan, desain presentasi, dan cara penyampaian.

Berikut ini adalah tips membuat presentasi yang menarik bagi mahasiswa dan profesional.

1. Konsisten dengan tema

Dalam membuat presentasi, pastikan kamu menjaga konsistensi antara keseluruhan isi PowerPoint dengan tema materi presentasi.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat presentasi tentang kekayaan hutan, maka sebaiknya kamu mengambil beragam elemen presentasi yang berkaitan dengan hutan. Mulai dari menggunakan foto-foto alam, memilih warna yang cocok seperti hijau, kuning, atau cokelat, hingga menggunakan ikon-ikon yang menggambarkan hutan.

Pastikan keseluruhan slide presentasimu memiliki keindahan dan keserasian, serta tidak terlalu jomplang antara satu slide dengan slide lainnya sehingga pembaca bisa melihat presentasi dengan nyaman.

2. Gunakan ikon

Seberapa sering kamu melihat slide presentasi berisi deskripsi yang begitu panjang hingga sulit untuk dibaca?

Seluruh isi presentasinya mungkin penting, tapi pada dasarnya audiens hanya perlu membaca poin utama dari keseluruhan informasi yang dipresentasikan. Sedangkan penjelasan lengkapnya bisa disampaikan secara lisan oleh pemberi presentasi.

Cara mudah untuk menyampaikan poin-poin utama dalam sebuah presentasi adalah lewat ikon. Dengan menggunakan ikon yang menarik, audiens akan langsung mengenali apa yang sedang dibicarakan di slide tersebut. Selain itu, presentasi pun menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Bahkan, tanpa perlu banyak-banyak menulis, audiens bisa dengan mudah mengerti isi presentasi. Ikon gratis bisa kamu download dari berbagai website seperti flaticon, iconfinder, dan Canva.

3. Pilih gambar yang sesuai

“A picture speaks a thousand words.” Gambar atau foto adalah sebuah media visual yang tidak hanya berguna untuk menyampaikan pesan, tapi juga menjadikan pesan tersebut lebih menarik. Jika kamu adalah tipe orang yang senang membuat slide presentasi yang penuh kata-kata, maka sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk menggunakan gambar.

Kebanyakan dari audiens akan sulit membaca penjelasan yang panjang di dalam presentasi. Dengan menggunakan gambar yang sesuai, maka pesan akan lebih mudah dimengerti oleh audiens.

Pastikan saja bahwa gambar yang digunakan adalah gambar yang menarik, tapi cocok dengan tema materi presentasi. Kita bisa mengunduh foto atau gambar secara legal dari situs penyedia stok foto gratis seperti Pexels, Pixabay, Unsplash, dan Canva.

4. Cari tahu makna font

Sama halnya dengan penggunaan ikon dan gambar, pemilihan jenis font juga harus disesuaikan dengan tema presentasi. Yang lebih penting lagi: tulisannya harus mudah dibaca. Jangan sampai kamu menggunakan font yang kelihatannya saja menarik atau keren, tapi malah membuat audiens kesulitan membaca tulisanmu.

Setiap font memiliki makna dan karakteristik masing-masing. Cari tahu makna masing-masing font sebelum menentukan mana yang akan kamu gunakan.

Tidak semua komputer memiliki pilihan font yang sama. Kamu bisa mengunduh font lain yang tidak kamu miliki dengan berkunjung ke situs seperti 1001fonts, stockio, dafont, dan Canva.

5. Gunakan template

Membuat presentasi yang menarik memang kerap menyita waktu. Mulai dari memilih template, font, dan gambar, serta mendesain keseluruhan tampilan slide presentasi.

Memiliki kemampuan desain grafis tentu menjadi sebuah nilai tambah untuk membantumu mempercantik slide PowerPoint. Kalaupun tidak, kamu bisa memanfaatkan beragam template yang sudah ada, dan cukup memberikan sentuhan ikon, gambar, bentuk, dan warna yang menarik. Tentunya dengan tetap menyesuaikannya dengan tema presentasi.

Salah satu situs yang memiliki beragam template beragam untuk presentasi adalah Canva.

Leave A Comment

Share via