||Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi yang Sangat Besar

Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi yang Sangat Besar

2019-06-27T14:16:42+00:00Pengembangan Diri|0 Comments

Ketika hendak terjun ke salah satu sektor pekerjaan, seorang calon pekerja memerlukan kecakapan khusus. Namun, mempunyai kapabilitas saja belum tentu cukup. Ada baiknya kamu juga merasakan manfaat sertifikasi profesi yang ditawarkan oleh berbagai lembaga pendidikan formal maupun non-formal.

Kamu bisa saja menguasai sebuah skill yang diperlukan dalam dunia kerja. Kemampuanmu bahkan mungkin di atas rata-rata calon pekerja lain. Namun, keberadaan sertifikasi profesi akan lebih memudahkan perusahaan dalam menilai kemampuan kamu. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu mengikuti program sertifikasi profesi sebagai bekal untuk bersaing di dunia kerja.

Mengapa demikian? Untuk memahaminya, ketahui dulu apa sebenarnya sertifikasi profesi dan manfaat yang ada di baliknya.

APA ITU SERTIFIKASI PROFESI?

Sertifikat profesi merupakan bukti kompetensi seseorang yang didapatkan melalui proses pembelajaran dan pelatihan. Proses ini bertujuan memperkuat kompetensi pelaku profesi agar benar-benar sesuai standar yang ditetapkan.

Dalam menjalani sertifikasi memang terdapat rangkaian proses yang dijalani. Semua dilakukan secara sistematis dengan metode khusus, agar menghasilkan penilaian yang objektif. Langkah-langkah tersebut diperlukan untuk memastikan standar hasil sertifikasi.

Proses standarisasi kemampuan tersebut dirasa penting agar setiap tenaga kerja mampu memberikan hasil kerja bermutu yang dapat dipertanggung jawabkan.

Banyak cara untuk mendapat sertifikat profesi. Pemerintah sendiri telah membentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu lembaga independen yang bertugas mengembangkan mutu SDM atau tenaga kerja di seluruh sektor bidang profesi di Indonesia.

Meski demikian, BNSP bukan satu-satunya pihak yang berhak melakukan sertifikasi profesi. BNSP juga memberikan lisensi ke berbagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Hal ini membuat LSP mampu mengeluarkan sertifikat seperti layaknya BNSP.

Beberapa bidang profesi juga ada yang memiliki lembaga sertifikasi profesi sendiri. Dari sini mereka melakukan standarisasi dan pengujian kompetensi seseorang dalam bidangnya. Sertifikat yang dikeluarkan pun sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

MANFAAT SERTIFIKASI PROFESI

Meski sudah tersedia di berbagai lembaga pendidikan, masih banyak orang yang enggan mengambil sertifikasi profesi. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Inilah beberapa di antaranya.

1. Sebagai bukti kompetensi

Manfaat sertifikasi profesi yang mendasar adalah berkaitan dengan jaminan kompetensi. Keberadaan sertifikasi profesi akan menjadi bukti di hadapan recruiter atau perusahaan bahwa kamu benar-benar memiliki kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan.

Dengan adanya bukti kompetensi, kamu juga akan memiliki kepercayaan diri dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dikarenakan pemahaman yang sudah teruji dalam rangkaian proses sertifikasi yang dijalani.

Rekan kerja juga tidak ragu untuk mempercayai kamu melakukan satu pekerjaan karena kompetensi yang sudah teruji.

2. Mengangkat karier

Sertifikasi profesi dapat menjamin peningkatan karier. Seseorang yang sudah mempunyai sertifikat profesi dijamin cakap dalam bidang tersebut. Ia dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan bahkan bisa jadi lebih efisien dibanding yang lain.

Jika kamu mengharapkan peningkatan karier, sertifikasi profesi juga bisa membantumu. Karena sudah terbukti mampu menjalankan tugas dengan baik, bukan tak mungkin kamu dipercaya untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan imbalan yang lebih besar karena punya keahlian khusus. Bahkan, terbuka pula kemungkinan perusahaan lain ingin memanfaatkan kemampuan kamu.

3. Membuka kesempatan yang lebih luas

Berhasil meraih sertifikasi profesi dapat membuka kesempatan karier yang lebih luas. Biasanya sertifikat itu menjadi tanda bukti kompetensi sesuai standar tertentu, baik di level nasional maupun internasional.

Pada akhirnya, kesempatan berkarier kamu akan semakin terbuka besar. Berbekal sertifikat profesi, kamu bisa memiliki peluang lebih luas untuk melakukan pekerjaan di berbagai negara, bukan hanya di Indonesia. Tentu kesempatan berharga ini tak boleh disia-siakan.

4. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik

Di antara rangkaian proses sertifikasi profesi yang dijalankan di sebuah lembaga, salah satunya meliputi tahap ujian untuk menakar kemampuan para peserta. Itu artinya, bukan hal yang aneh jika di akhir program ada peserta yang tidak lolos dan gagal meraih sertifikat.

Melalui ujian sertifikasi, akan terlihat jelas kecakapan seorang pekerja atau calon pekerja. Mereka yang menjalani program ini beruntung karena kemampuannya sudah terasah lewat rangkaian proses tersebut. Dengan demikian, hal ini akan membuat kamu mampu melakukan pekerjaannya sesuai standar.

Program sertifikasi profesi yang ada di Indonesia sangat beragam tergantung pada pihak penyelenggara dan bidang profesi yang diujikan. Jika beruntung, kamu bisa mengikuti program yang tidak memungut biaya. Kalaupun tidak, masih ada platform pinjaman pendidikan Dana Cita yang dapat meringankan pembiayaan program sertifikasi profesi kamu.

Leave A Comment

Share via