||Kemampuan yang Mesti Ditingkatkan untuk Meraih Beasiswa S1

Kemampuan yang Mesti Ditingkatkan untuk Meraih Beasiswa S1

2019-07-16T15:45:21+00:00Pengembangan Diri|0 Comments

Banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan beasiswa program sarjana (S1). Jika kamu salah satunya, jangan patah semangat! Kamu bisa meraih beasiswa S1 dengan menonjolkan kemampuan diri.

Skill atau kemampuan diri merupakan salah satu hal yang sangat dipertimbangkan untuk meraih beasiswa S1. Penyedia atau pemberi beasiswa akan melihat aplikasi pendaftar yang masuk, lalu melihat sejumlah kriteria untuk menentukan pendaftar yang pantas dan layak mendapatkan beasiswa.

Mahasiswa dengan kemampuan diri yang terbaik akan dipertimbangkan untuk menerima beasiswa. Oleh karena itu, penting untuk terus mengasah diri dan meningkatkan keahlian agar dapat menerima beasiswa S1. Kehadiran beasiswa dapat membantu dan menunjang menempuh perkuliahan.

Berikut sejumlah kemampuan yang mesti ditingkatkan untuk memperoleh beasiswa S1.

Akademis

Kemampuan akademis adalah salah satu poin utama dalam memperoleh beasiswa. Dalam perkuliahan, kemampuan akademis merupakan kemampuan yang berhubungan dengan ilmu atau jurusan yang digeluti, dan ditandai dengan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). 

IPK adalah ukuran kemahiran mahasiswa yang digunakan di perguruan tinggi. Untuk mendapatkan IPK yang bagus, mahasiswa mesti mengikuti perkuliahan dan mendapatkan nilai ujian yang baik. Tingkatkan kemampuan belajar agar IPK juga meningkat.

Selain IPK, kemampuan akademis juga dapat ditandai dengan prestasi seperti menjadi juara di lomba penelitian, karya ilmiah, debat, atau lomba-lomba lain yang berkaitan dengan jurusan kuliah. Ikutilah berbagai perlombaan untuk meningkatkan kemampuan akademis dan memperbesar peluang meraih beasiswa.

Nonakademis

Selain kemampuan akademis, keahlian dalam bidang nonakademis juga dipertimbangkan dalam memperoleh beasiswa S1. 

Kemampuan nonakademis merupakan keahlian di luar bidang ilmu pengetahuan atau perkuliahan yang sedang ditekuni, misalnya olahraga, seni, atau fotografi. Kemampuan nonakademis ini biasanya sejalan dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Capaian atau prestasi dalam bidang nonakademis dapat menjadi nilai tambah saat mendaftar beasiswa. Sejumlah beasiswa bahkan diberikan khusus bagi mereka yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu seperti olahraga atau seni.

Memiliki prestasi akademis dan juga nonakademis menandakan kamu merupakan pribadi yang seimbang.

Organisasi

Perkuliahan tak melulu soal belajar di kelas. Kamu juga dapat meningkatkan kemampuan di luar kelas dengan berorganisasi atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Penyedia beasiswa umumnya akan melihat kegiatan dan organisasi yang diikuti oleh mahasiswa.

Mengikuti kegiatan organisasi menandakan kamu merupakan orang yang aktif, pandai mengatur waktu, terbuka, dan memiliki jejaring yang baik. Dengan berorganisasi, diharapkan pula mahasiswa dapat memiliki kemampuan memimpin, memecahkan masalah, dan berpikir kritis yang baik.

Ikutilah berbagai jenis organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), himpunan mahasiswa, dan pers kampus. Ekstrakurikuler, kepanitiaan, dan volunteering atau sukarelawan juga bisa menjadi pilihan untuk berkegiatan di luar perkuliahan.

Menambahkan kegiatan-kegiatan ini di dalam curriculum vitae (CV) dapat menarik hati para pemberi beasiswa untuk memilih kamu menjadi kandidat yang layak mendapatkan beasiswa S1.

Public speaking

Kemampuan berbicara merupakan salah satu keahlian yang penting bagi mahasiswa saat ini. Sejumlah beasiswa memiliki tes berupa seleksi wawancara. Di sinilah kemampuan berbicara kamu akan diuji. 

Kemampuan public speaking dapat ditingkatkan dengan rajin berlatih. Asah terus kemampuan berbicara di depan umum agar lebih lancar, tepat, dan percaya diri.

Kamu dapat mulai berlatih dengan berbicara di depan kaca, memberanikan diri tampil saat presentasi di depan kelas, mengemukakan pendapat ketika rapat organisasi, atau bahkan mengikuti kelas khusus untuk public speaking.

Mahasiswa dengan public speaking yang baik akan dilirik oleh pemberi beasiswa. 

Emosional

Kemampuan lainnya yang juga penting untuk ditingkatkan untuk mendapatkan beasiswa adalah kemampuan emosional yang tercermin lewat mental. Mahasiswa yang gigih dan pantang menyerah akan lebih menarik hati para pemberi beasiswa. Tingkatkan mental dengan mulai berpikir positif, percaya diri, dan disiplin.

Kamu juga harus mempersiapkan mental jika gagal mendapatkan beasiswa. Alih-alih putus asa, sebaiknya terus mencoba dan mendaftar beasiswa lain. Ada banyak beasiswa S1 yang bisa kamu dapatkan di Indonesia.

Leave A Comment

Share via