||Rekomendasi Tempat Belajar Jadi Programmer Andal

Rekomendasi Tempat Belajar Jadi Programmer Andal

2019-06-27T14:57:06+00:00Pengembangan Diri|2 Comments

Perkembangan teknologi saat ini sudah sedemikian pesat. Kebutuhan terhadap para programmer andal pun kian bertambah. Kamu ingin menjadi salah satunya? Ketahui dulu tempat belajar jadi programmer yang tepat.

Sekarang kehidupan manusia telah berubah. Peran teknologi semakin besar mengikuti perkembangan zaman. Segalanya dapat didigitalisasi dan diautomasi dengan tujuan untuk mempermudah berbagai hal.

Untuk melakukannya, pengetahuan tentang pemrograman komputer sangat penting. Seseorang harus memiliki kemampuan coding sebagai salah satu syarat dasar menjadi seorang programmer andal.

Coding merupakan sebutan simpel dari computer programming. Pada dasarnya, coding merupakan kegiatan memberitahu komputer apa yang harus dilakukan untuk kita. Jadi, seorang programmer membuat perintah agar komputer menjalankan dan memberikan sesuai yang diharapkan. Cara melakukannya adalah melalui proses coding.

Kode-kode dalam proses coding dapat dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode akan membantu komputer mengetahui dan mengerti apa yang ingin dilakukan di sana. Selanjutnya, komputer akan menerima instruksi tersebut, lalu mengikuti hal yang tertulis.

Agar bisa menguasainya, penting sekali untuk tahu tempat belajar jadi programmer. Dengan begitu, kemampuan programming dapat dipelajari dan peserta bisa mengembangkan diri menjadi programmer jempolan.

Mempelajari coding supaya bisa jadi programmer berkualitas tidak harus melalui pendidikan formal seperti di perguruan tinggi. Ada pula berbagai lembaga pelatihan yang secara khusus mengajarkan kemampuan programming.

Beberapa di antaranya bisa dijadikan tempat belajar jadi programmer. Tentu saja, hal itu mesti diimbangi dengan kemauan belajar sendiri yang besar. Cukup banyak orang yang menguasai kemampuan programming secara autodidak.

Meski begitu, belajar di lembaga pelatihan akan sangat membantu. Sebab, ada pembimbing yang akan mengarahkan proses pembelajaran yang tepat.

Tertarik untuk mengetahui tempat belajar jadi programmer andal? Ketahui beberapa yang direkomendasikan berikut ini.

1. Hacktiv8

Hacktiv8 memberikan pelatihan coding full-time. Berlokasi di Jakarta, lembaga ini berkomitmen membantu pemula untuk menjadi full stack developer hanya dalam 12 minggu. Kelas di sana digelar secara intensif sejak Senin hingga Jumat pada pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Oleh karena itu, perlu komitmen tinggi dari para pesertanya untuk mengikuti pelatihan.

Didukung dengan para instruktur berpengalaman, Hacktiv8 menyiapkan materi pelatihan untuk mencetak programmer andal secara terstruktur. Sebagai gambaran, para peserta akan diajari HTML/CSS untuk membuat halaman web. Bukan hanya itu, peserta juga mempelajari JavaScript dengan pustaka seperti jQuery untuk menciptakan halaman web yang interaktif.

Semua itu diperlengkap dengan berbagai materi lain mulai dari teknologi NodeJS, Version Control dengan Git, Database, React & Redux, Project Management, Test-Driven Development, serta Deployment & Scaling. Pada akhirnya, itu akan menjadikan peserta sebagai full-stack web developer yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Algoritma

Algoritma merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berniat menyediakan akses terhadap pengembangan karier data science yang lebih luas kepada masyarakat. Mereka menghadirkan edukasi input data secara individual dengan bantuan tenaga terlatih dan tools komputasi mutakhir yang telah menjadi standar kebutuhan data science saat ini.

Peserta program Algoritma bisa mengikutinya dengan paket bulanan hingga per semester. Biayanya juga terbilang bersahabat, yaitu di kisaran Rp5 juta hingga Rp15 juta.

3. Impact Byte

Impact Byte merupakan sebuah coding bootcamp yang bisa menjadi alternatif tempat belajar jadi programmer. Di sini pelatihan dilakukan selama 5 hari per pekan dalam delapan minggu. Lembaga pelatihan tersebut menjanjikan siapa pun siswanya siap menjadi seorang full stack developer.

Saat ini, Impact Byte sudah membuka cabang di Jakarta dan Batam. Mereka menjamin bahwa materi yang dipaparkan akan tepat guna karena berbasis product-used learning dan pengalaman. Selain itu, Impact Byte juga mau memberikan dukungan karier, sehingga memudahkan siswa-siswanya untuk melangkah ke dunia profesional.

4. Binar Academy

Binar Academy menghadirkan berbagai program pendidikan terkait teknologi informasi. Tujuannya adalah menghadirkan para tenaga yang siap memenuhi tuntutan dunia kerja. Ada tiga jurusan yang dibuka di sana, yakni software engineer, product designer, dan product manager. Peminat bisa mengikutinya di salah satu kota lokasinya, yakni Batam, Kupang, Ambon, Yogyakarta, dan Tangerang.

Yang lebih menarik lagi, Binar Academy tidak mengharuskan pesertanya untuk memiliki latar belakang kemampuan IT terlebih dulu. Bahkan, sebaliknya, dengan pembelajaran tiga sesi per pekan masing-masing selama dua jam, pesertanya akan mempunyai kemampuan menjadi programmer berkualitas.

5. Purwadhika

Purwadhika bisa menjadi alternatif tempat belajar jadi programmer. Mereka menyediakan berbagai program untuk mengasah kemampuan coding. Beberapa di antaranya adalah Startup Fast Track, Internet of Things, Job Connector, serta beragam kursus singkat coding, business, dan design.

Jenjang pelatihan di sini bervariasi. Peserta yang tidak mempunyai dasar-dasar kemampuan seorang programmer tetap diterima. Pasalnya, Purwadhika juga membuka kelas Programming Fundamental di mana para peserta mempelajari bahasa pemrograman Javascript dan HTML untuk dapat membuat aplikasi web sederhana.

6. G2Lab Indonesia

G2Lab Indonesia menghadirkan kelas-kelas untuk menambah pengetahuan dan keahlian di bidang teknologi, mulai dari front-end, back-end, UI/UX, hingga blockchain. Dengan layanan CTO as a Service, G2LAB Indonesia memungkinkan siswanya untuk mendapat konsultasi teknis dari jaringan praktisi ahli.

Dalam memberikan materi pembelajaraan, G2Lab Indonesia tidak mau sekadar menjadikan seseorang sebagai programmer. Mereka juga melengkapi program pelatihannya dengan berbagai pengalaman praktis, sehingga kemampuan para peserta selalu relevan dengan kebutuhan saat itu.

Itulah beberapa tempat belajar jadi programmer andal yang direkomendasikan. Kamu bisa memilih satu di antaranya. Jangan khawatir terganjal masalah biaya untuk kuliah atau belajar karena semua institusi tersebut sudah bekerja sama dengan Dana Cita. Dengan demikian, kamu dapat memperoleh dana pinjaman pendidikan untuk mengikutinya.

2 Comments

  1. Gad Kenelak March 14, 2019 at 12:35 - Reply

    pandaftaran kapan dan biayanya brapa

    • Dana Cita March 18, 2019 at 16:32 - Reply

      Silakan kunjungi website masing-masing institusi untuk mengetahui periode pendaftaran. Untuk mengajukan pinjaman, silakan daftarkan diri dan isi formulir di danacita.co.id. 🙂

Leave A Comment

Share via