||5 Tanda Kamu Perlu Melanjutkan Pendidikan

5 Tanda Kamu Perlu Melanjutkan Pendidikan

2019-06-28T09:25:34+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Mungkin banyak dari temanmu yang setelah lulus kuliah langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Alih-alih mencari pekerjaan, mereka lebih tertarik untuk mendalami ilmu yang sudah didapatkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi—baik S1, S2, maupun S3.

Atau, kalau saat ini kamu sudah bekerja, kamu mungkin mulai menyaksikan rekan-rekan kerja di kantor yang berencana meneruskan studi mereka, atau bahkan tengah menjalani kuliah sambil bekerja.

Nah, apakah kamu juga memiliki pikiran yang sama?

Tentu saja tak ada yang salah dari keinginan untuk menuntut ilmu. Namun, sebelum terburu-buru mengambil keputusan, sebaiknya perhatikan dulu lima tanda berikut ini untuk tahu apakah memang sudah saatnya kamu melanjutkan pendidikan.

1. Ingin menjadi pengajar

Jika cita-cita kamu setelah lulus kuliah adalah mengajar, maka sebelum mewujudkan impian tersebut, ada baiknya kamu melanjutkan pendidikan dahulu ke jenjang yang lebih tinggi.

Seorang pengajar membutuhkan pemantapan dan kematangan pemahaman teori atas cabang ilmu yang ingin diajarkan. Tak heran jika kemudian muncul persyaratan bagi para calon dosen untuk memiliki gelar magister.

Nah, apabila kamu baru mengantongi gelar sarjana, maka segeralah pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

2. Jenuh dengan rutinitas kerja

Setiap orang yang bekerja mungkin pernah mengalami masa jenuh. Ketika momen itu tiba, seseorang cenderung langsung mencari pekerjaan baru. Padahal, bisa saja kamu bukan jenuh dengan pekerjaan maupun perusahaannya, melainkan rutinitas yang kamu lalui setiap hari.

Mengambil studi lanjutan bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Kamu bisa mengambil program kuliah kelas karyawan yang biasanya berlangsung malam hari setelah jam kerja atau akhir pekan.

Akan tetapi, tentu saja ada faktor biaya dan waktu yang harus dipikirkan. Oleh karena itu, kamu tetap harus mempertimbangkan matang-matang keputusan tersebut.

3. Mengincar jabatan atau posisi tertentu

Sejumlah perusahaan ada yang menetapkan jenjang pendidikan minimal untuk menduduki posisi tertentu. Jika kamu salah satu yang sedang mengincar kenaikan jabatan tersebut, kamu bisa segera melanjutkan pendidikan di bidang terkait.

Mulailah mencari program perkuliahan yang sesuai agar dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengajukan beasiswa ke perusahaan.

Namun, jangan lupa untuk memperkirakan waktu serta biaya kuliah yang dibutuhkan, agar pekerjaan di kantor tidak terganggu dan perencanaan kariermu menjadi lebih matang.

4. Bekerja di bidang yang berbeda

Banyak sekali lulusan program vokasi maupun sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Misalnya, lulusan teknik yang bekerja di bidang perbankan, atau sarjana hukum yang berkarier di bidang marketing.

Jika kamu salah satu yang mengalaminya, mengambil studi lanjutan yang sesuai dengan profesi yang digeluti saat ini bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, kamu akan menerima banyak ilmu baru yang dapat diterapkan di dunia kerja.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan performa yang lebih baik sehingga perjalanan kariermu lebih melesat.

5. Ingin meningkatkan kontribusi

Jika kamu ingin memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan tempat kerjamu, mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi adalah salah satu caranya. Dengan bekal pengetahuan pemahaman yang lebih matang, kamu bisa memberikan solusi, serta melahirkan inovasi-inovasi baru untuk memajukan perusahaan.

Bentuk kontribusi di atas secara tidak langsung menunjukkan peningkatan performa dan kinerja seorang karyawan di hadapan perusahaan. Dengan demikian, suaramu akan lebih didengar, dan peranmu juga semakin dihargai.

Apapun alasan kamu dalam melanjutkan studi, pendidikan memang sangat penting untuk keberhasilanmu di masa depan. Jika tujuan utamamu adalah ingin meningkatkan karier, maka sebaiknya pertimbangkan matang-matang bidang studi yang akan dipilih.

Jangan gegabah dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Pastikan kamu menikmati perjalanan studimu, dan tentunya manfaatnya dalam peningkatan kariermu dapat dirasakan.

Jangan lupa juga untuk atur perencanaan biaya kuliah agar perkuliahanmu tidak terhenti di tengah jalan. Jika merasa berat dengan biaya uang pangkal atau kebutuhan kuliah lainnya, kamu dapat memanfaatkan pinjaman pendidikan Dana Cita.

Leave A Comment

Share via