||Begini Cara Menyiasati Biaya Kuliah yang Mahal

Begini Cara Menyiasati Biaya Kuliah yang Mahal

2019-06-27T14:43:42+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Menempuh pendidikan tinggi di Indonesia bukan perkara mudah. Faktor biaya perkuliahan yang selangit menjadi salah satu alasannya. Namun, jangan patah semangat. Masih banyak cara menyiasati biaya kuliah yang mahal.

Sebuah kalkulasi yang dilakukan oleh Jiwasraya bisa menjadi acuan. Mereka memperkirakan biaya kuliah yang harus dikeluarkan dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Perkiraan didasarkan terhadap biaya per semester di beberapa perguruan tinggi ternama seperti Institut Teknologi Bandung, Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi 10 November Surabaya, dan Universitas Gadjah Mada.

Biaya tersebut merupakan merupakan angka asumsi rata-rata tertinggi biaya kuliah dari masing-masing universitas tanpa melihat jurusan. Selain itu, perhitungannya belum meliputi biaya lain seperti indekos, fotokopi, modul kuliah, pelatihan, atau uang saku.

Dengan asumsi kenaikan biaya per tahun menjadi 15 persen, terdapat fakta menyedihkan. Biaya kuliah ternyata sangat mahal. Sebagai gambaran biaya terendah ada di ITS yang membutuhkan biaya per semester Rp7,5 juta. Pada tahun 2023, biaya tersebut akan naik menjadi Rp17,3 juta. Lalu, pada 2020, jumlahnya membengkak menyentuh Rp34,8 juta.

Fakta ini menunjukkan biaya perkuliahan memang tidak murah. Namun, apakah ini harus membuat impian meraih pendidikan tinggi sirna? Tentu tidak. Masih banyak cara menyiasati biaya kuliah yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa di antaranya.

– Mencari beasiswa

Cara menyiasati biaya kuliah yang tinggi bisa diawali dengan mencari beasiswa. Dengan mendapatkan dukungan dana beasiswa, biaya perkuliahan yang dirasa berat bisa diantisipasi.

Saat ini ada banyak pihak yang menyediakan beasiswa. Pihak perguruan tinggi biasanya juga membuka program beasiswanya sendiri. Selain itu, banyak pula beasiswa yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan pihak swasta.

Cobalah gencar mencari untuk membantu meringankan biaya kuliah. Namun, untuk mendapatkan beasiswa, kamu harus melalui serangkaian tes. Selain itu, ada yang memberi syarat kemampuan akademik tertentu atau kecakapan khusus yang harus dimiliki. Sebagai contoh, kamu harus mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif di angka tertentu supaya bisa mendapatkannya atau punya kemampuan baik di cabang olahraga tertentu.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba. Beasiswa bisa menjadi cara menyiasati biaya kuliah yang jitu. Selain meringankan biaya, beasiswa juga mendorongmu untuk terus menggapai standar tinggi di bangku kuliah atau di kecakapan spesial yang dikuasai.

– Kuliah sambil bekerja

Menjalani perkuliahan memang butuh konsentrasi tinggi. Kamu diharapkan fokus seratus persen terhadap aktivitas akademik. Namun, kalau demi memperoleh uang untuk membiayainya, tidak ada salahnya mengorbankan waktu luang dengan mencoba bekerja sambil kuliah.

Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di sela-sela waktu kuliah. Sebagai contoh saat ini banyak kesempatan kerja yang diperoleh dari perkembangan dunia online seperti mengantarkan paket dan mengerjakan proyek paruh waktu. Cobalah melakukannya karena ini bisa menjadi cara menyiasati biaya kuliah yang efektif.

Bekerja akan memberikan penghasilan. Jumlahnya bisa bermacam-macam. Namun, seberapa pun besarnya pendapatan dari sana tetap bisa dipastikan akan membantu dalam pembiayaan kuliah. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat, jangan sampai terlalu asyik bekerja malah membuat kamu lupa terhadap perkuliahan yang dijalani.

– Memanfaatkan pinjaman pendidikan

Cara menyiasati biaya kuliah bisa pula dilakukan dengan memanfaatkan dana pinjaman pendidikan. Sistem ini memang terhitung baru di Indonesia, tapi di berbagai negara lain sudah menjadi hal yang jamak sehingga bisa menjadi solusi yang aman dan efektif.

Kamu bisa mengajukan pinjaman ke berbagai pihak peminjam seperti perbankan dan perusahaan fintech P2P lending. Sekarang proses pengajuan bahkan bisa dilakukan secara online. Salah satu contoh yang direkomendasikan adalah Dana Cita yang berkomitmen menghadirkan dana pinjaman pendidikan yang terjangkau.

Pinjaman yang diberikan bisa mencapai 100 persen dari biaya perkuliahan. Selain itu, tidak perlu ada uang muka dan bunga flat mulai 1 persen per bulan. Mendapatkan pinjaman Dana Cita akan membuat kamu menjalani kuliah dengan tenang karena kebutuhan biaya sudah terpenuhi. Kamu bisa fokus seratus persen ke studimu.

– Melakukan investasi

Langkah lain yang bisa dipilih sebagai cara menyiasati biaya kuliah adalah dengan berinvestasi. Melakukannya bisa membuat aset terus bertambah. Kamu pun bisa menuai hasilnya untuk digunakan sebagai pembiayaan kuliah.

Jenis investasi yang dapat dilakukan beragam. Ada yang berinvestasi di logam mulia, reksadana, saham, deposito, maupun bidang usaha tertentu. Semua tentu memiliki tingkat risiko dan hasil yang beragam. Namun, patut diingat, semakin tinggi risikonya, bertambah besar pula buah investasi yang bisa diperoleh.

Oleh karena itu, mulailah sekarang juga. Sekarang semakin mudah untuk menemukan instrumen investasi dengan nilai yang tidak terlalu besar. Contoh sederhana, kamu bisa melihatnya di berbagai marketplace ternama. Di sana tersedia beragam investasi yang bisa dimanfaatkan. Nanti kamu akan mendapatkan hasilnya untuk membiayai kuliah.

– Membuat tabungan

Membuat tabungan dapat dipilih sebagai cara menyiasati biaya kuliah yang mahal. Bentuknya diserahkan sesuai selera. Namun, terkait pendidikan, sekarang ada banyak pihak yang menyediakan tabungan khusus pendidikan.

Ini merupakan produk perbankan yang memiliki ketentuan jumlah dana serta bunga yang telah ditetapkan. Jenis tabungan seperti ini aman karena mendapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan.

Untuk bisa memilikinya, kamu harus merencanakannya jauh-jauh hari. Biasanya tabungan pendidikan berjangka waktu 2 hingga 10 tahun. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Akan tetapi, jenis tabungan ini tidak memiliki suku bunga yang tinggi. Pasalnya, prinsip kerjanya hanyalah membantu mengalokasikan uang yang dimiliki. Kendati demikian, besar atau kecil, dana tabungan akan berguna untuk membiayai pendidikan yang ditempuh.

Itulah beberapa cara menyiasati biaya kuliah yang mahal. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya atau justru melakukan beberapa hal secara bersamaan. Semua dikembalikan ke kamu. Namun, apa pun keputusanmu, jangan sampai biaya perkuliahan yang tinggi menghentikan tekad untuk meraih pendidikan tinggi.

Leave A Comment

Share via