||Daftar Beasiswa S1 yang Bisa Didapatkan di Indonesia

Daftar Beasiswa S1 yang Bisa Didapatkan di Indonesia

2019-07-11T10:57:31+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Program beasiswa terbuka lebar bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan sarjana (S1). Beasiswa ini dapat dijadikan sebagai bantuan biaya selama menempuh perkuliahan.

Dana dari beasiswa dapat dipakai untuk biaya kuliah, uang SKS, hingga akomodasi. Dengan tunjangan dari beasiswa ini, diharapkan kamu dapat lebih fokus belajar dan meraih prestasi selama perkuliahan.

Ada banyak jenis beasiswa yang tersedia untuk program pendidikan S1 di dalam negeri. Beasiswa ini menerapkan sejumlah ketentuan dan rangkaian seleksi untuk mendapatkannya. Pahami setiap persyaratan dan ikuti setiap tahap dengan baik agar dapat memperoleh beasiswa S1.

Berikut sejumlah beasiswa S1 yang tersedia di Indonesia.

1. Beasiswa Bidikmisi

Program beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, dan memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi merupakan program beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri PTN, dan juga perguruan tinggi swasta.

Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan mulai dari membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, penggantian biaya kedatangan pertama, bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi, dan subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000/bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

Informasi lengkap mengenai bidikmisi dapat dilihat di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

2. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) merupakan bantuan biaya pendidikan yang juga diberikan oleh Kemenristekdikti untuk ribuan mahasiswa S1 di Indonesia, baik di PTN maupun di PTS. Kemenristekdikti menyalurkan beasiswa ini kepada setiap perguruan tinggi untuk disebar ke mahasiswa yang berprestasi.

Beasiswa PPA biasanya diberikan bagi yang sudah berstatus mahasiswa dan sudah menyelesaikan setidaknya satu semester karena salah satu persyaratan dari beasiswa PPA ini adalah IPK. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan melengkapi berkas akan mendapatkan tunjangan pendidikan sebesar Rp400 ribu per bulan.

Informasi lengkap mengenai beasiswa ini dapat diperoleh di setiap kampus.

3. Beasiswa dari institusi keuangan

Selain beasiswa dari pemerintah, beberapa institusi dan perusahaan keuangan juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa S1 di Indonesia. Umumnya institusi ini membentuk yayasan atau komunitas untuk menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa S1.

Banyak dari beasiswa ini juga menyediakan program pengembangan diri yang dapat meningkatkan kemampuan kamu, di luar akademis perkuliahan.

Kamu dapat mencari tahu mengenai informasi beasiswa ini di situs atau media sosial instansi terkait. Ketentuan dan persyaratan, serta jumlah bantuan yang akan didapatkan juga bisa dicermati di situs tersebut.

Berikut beberapa beasiswa dari institusi keuangan yang bisa kamu ikuti.

– Beasiswa Bank Indonesia (Generasi Baru Indonesia)

– Beasiswa CIMB Niaga (Program CIMB ASEAN Scholarship)

– Beasiswa BCA Finance

– Beasiswa BFI Finance

– Beasiswa Kader Surau dari YBM BRI

– Beasiswa BII/Maybank

4. Beasiswa perusahaan

Bukan hanya institusi keuangan, berbagai perusahaan lainnya juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswa S1 di Indonesia. Perusahaan ini umumnya menyalurkan beasiswa sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Beberapa juga menyalurkannya dalam bentuk yayasan.

Program beasiswa ini juga menyediakan program pengembangan diri untuk para penerima beasiswa. Informasi lengkap mengenai beasiswa dari perusahaan ini bisa dilihat di situs resmi perusahaan atau CSR perusahaan terkait.

Berikut beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan di Indonesia.

– Beasiswa Astra

– Djarum Beasiswa Plus

– Beasiswa Tanoto Foundation

– Beasiswa Sampoerna Foundation

– Beasiswa Tokopedia

– Beasiswa Bukalapak

– Beasiswa DataPrint

– Beasiswa Mizan

5. Beasiswa yayasan

Sejumlah yayasan juga menyalurkan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa S1 di Indonesia. Yayasan-yayasan ini rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa setiap tahunnya.

Berikut sejumlah beasiswa yang disalurkan oleh yayasan di Indonesia.

– Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

– Beasiswa Baznas

– Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

– Beastudi Etos

Jangan lupa untuk mencermati setiap persyaratan dan ketentuan agar dapat memperoleh beasiswa S1 yang diinginkan.

Leave A Comment

Share via