||Daftar Organisasi dan Kegiatan Mahasiswa yang Patut untuk Diikuti

Daftar Organisasi dan Kegiatan Mahasiswa yang Patut untuk Diikuti

2019-07-22T15:36:16+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Menjadi mahasiswa bukan sekadar berkuliah. Selain perkuliahan, ada banyak kegiatan di luar kelas seperti organisasi dan ekstrakurikuler yang bisa diikuti.

Bergabung dengan organisasi dan beragam kegiatan di luar kelas bakal meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, sehingga akan sangat bermanfaat saat memasuki dunia kerja.

Ada banyak pilihan organisasi kemahasiswaan mulai dari tingkat himpunan, fakultas, hingga universitas yang bisa diikuti. Setiap organisasi memiliki fokus dan kegiatan yang berbeda. Pengalaman yang bakal didapatkan pun akan berbeda.

Pilihlah kegiatan organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu supaya kamu dapat menjalankannya dengan lebih semangat. Fokus pada satu organisasi atau mengikuti lebih dari satu kegiatan pun tak masalah, asalkan pandai membagi waktu dengan berkuliah.

Semakin banyak mengikuti organisasi, semakin kaya pula pengalaman yang bakal didapatkan. Mahasiswa baru sangat dianjurkan untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan ini.

Berikut daftat organisasi mahasiswa yang bisa diikuti saat sedang berkuliah.

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif. BEM membawahi dan menjalankan banyak program dan kegiatan kemahasiswaan baik berhubungan dengan akademis maupun pengembangan diri. BEM terdiri pada tingkat universitas dan fakultas.

BEM tingkat fakultas beranggotakan mahasiswa dari masing-masing fakultas dan mengurusi kegiatan kemahasiswaan di tingkat fakultas. Sedangkan BEM universitas beranggotakan mahasiswa dari berbagai fakultas di universitas tersebut.

Ada banyak bidang dan posisi yang dapat diikuti di BEM mulai dari staf hingga ketua BEM.

Selain BEM, ada pula Senat Kemahasiswaan, Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa atau organisasi di tingkat jurusan.

Dengan mengikuti organisasi ini, kamu dapat belajar mengenai kepengurusan, kepemimpinan, dan menambah jejaring.

2. Pers Kampus

Selama berkuliah kamu juga dapat mengikuti kegiatan di pers kampus mulai dari tingkat program studi, fakultas, hingga universitas. Pers kampus terdiri dari banyak media seperti media online, cetak, tv, dan radio.

Ada banyak posisi yang bisa diikuti di pers kampus seperti menjadi jurnalis atau reporter, penyiar radio, kamerawan, atau bahkan bagian pemasaran. Pilihlah yang sesuai dengan ketertarikan kamu.

Mengikuti pers kampus memberikan keuntungan bagi kamu untuk dapat belajar mengenai dunia jurnalistik, menginvestigasi, mewawancarai orang lain, dan menambah relasi.

3. Ekstrakurikuler

Selain organisasi, mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus. Ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan yang menunjang minat dan bakat mahasiswa. Setiap universitas memiliki ekstrakurikuler masing-masing.

Ekstrakurikuler ini terdiri dari berbagai kegiatan seperti akademis, olahraga, dan seni. Jika ingin mengasah kemampuan yang bersifat ilmiah, dapat mengikuti unit kegiatan mahasiswa seperti tim debat, Model United Nations Club, penelitian, atau robotika.

Di bidang seni, tersedia unit kegiatan seperti paduan suara, tari, musik, teater dan lain sebagainya.

Di bidang olahraga, terdapat sepak bola, futsal, bulutangkis, voli, tenis meja, dan olahraga populer lainnya. Ada pula ekstrakurikuler pencinta alam atau kegiatan keagamaan.

Mengikuti beragam kegiatan ini dapat mengasah kemampuanmu di bidang yang ditekuni, meningkatkan jiwa kompetisi, dan belajar sportivitas.

4. Kepanitiaan

Kegiatan lain yang bisa diikuti adalah kepanitiaan dalam berbagai acara atau kegiatan di kampus. Ada banyak kegiatan yang membutuhkan panitia untuk mengorganisir atau menjalankan sebuah acara, misalnya acara musik, olahraga, dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti kepanitiaan, kamu bertanggung jawab terhadap jalannya sebuah acara. Ada berbagai divisi yang bisa diikuti dalam kepanitiaan seperti dana usaha, sponsorship, program acara, hubungan masyarakat, dan pemasaran.

Kepanitiaan akan meningkatkan kemampuan kamu dalam mengorganisir dan mengatur kegiatan, memimpin, dan bertanggung jawab.

5. Volunteer

Mahasiswa juga dapat mengikuti beragam kegiatan volunteering atau menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan. Kegiatan ini biasanya berlangsung dalam waktu yang lebih singkat dan bersifat membantu sebuah kegiatan secara sukarela.

Volunteering terutama yang berhubungan dengan kemanusiaan seperti mengajar dapat mengasah kepeduliaan dan kepekaan.

Leave A Comment

Share via