||Informasi Lengkap tentang Kuliah Jurusan Manajemen

Informasi Lengkap tentang Kuliah Jurusan Manajemen

2019-07-26T16:36:24+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan kuliah favorit dalam rumpun ilmu pengetahuan sosial. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan ini.

Ada yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi, ada pula yang masuk dalam Sekolah Bisnis. Beberapa sekolah tinggi dan akademi bahkan fokus dalam memberikan pendidikan manajemen.

Manajemen merupakan ilmu yang luas dan dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam penyelenggaraan perusahaan dan organisasi. Oleh karena itu, jurusan ini banyak menerima mahasiswa karena prospek lapangan kerja yang terbuka lebar dan dibutuhkan.

Jika kamu tertarik dalam mengelola sesuatu mulai dari manusia, organisasi, keuangan, perbankan, pemasaran, dan sebagainya, manajemen merupakan jurusan yang tepat untuk ditekuni saat kuliah di perguruan tinggi.

Berikut informasi lengkap mengenai kuliah manajemen.

Ilmu manajemen

Ilmu manajemen merupakan ilmu yang mempelajari cara merencanakan, mengatur, dan mengelola perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selama menempuh program studi manajemen, mahasiswa bakal dituntut untuk memahami cara penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai target sasaran.

Ilmu manajemen yang akan dipelajari mencakup semua aspek mulai dari manajemen sumber daya manusia, manajemen industri, manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional hingga manajemen perbankan.

Tak hanya belajar teori, mahasiswa juga bakal dihadapkan dengan praktik langsung untuk menerapkan apa yang telah dipahami di bawah bimbingan dosen.

Mata kuliah jurusan manajemen di antaranya adalah ekonomi manajerial, komunikasi bisnis, manajemen strategi, manajemen risiko, kepemimpinan, rencana bisnis, hingga perilaku konsumen.

Peminatan atau konsentrasi

Jurusan manajemen bakal terbagi lagi dalam beberapa peminatan atau konsentrasi. Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan peminatan, ada yang dimulai dari awal perkuliahan, semester 4, semester 6, atau saat penulisan tugas akhir.

Peminatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih fokus mendalami ilmu manajemen yang diminati. Secara umum, terdapat beberapa peminatan di jurusan manajemen.

  • Manajemen sumber daya manusia. Konsentrasi ini fokus memahami perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam menjalankan perusahaan atau organisasi. Ilmu manajemen ini diperkuat dengan teknik analisis dan psikologis agar sumber daya manusia dapat produktif untuk mencapai tujuan.
  • Manajemen operasi. Ilmu ini mempelajari sistem operasional atau produksi di dalam perusahaan secara efektif.
  • Manajemen pemasaran. Peminatan ini fokus mendalami ilmu strategi dan analisis untuk memasarkan produk dalam persaingan bisnis yang ketat.
  • Manajemen keuangan. Ilmu ini bakal mempelajari cara mengatur dan mengelola keuangan dengan baik dalam perusahaan.
  • Manajemen bisnis. Konsentrasi ini bakal mendalami strategi dan analisis bisnis. Pengelolaan bisnis mulai dari awal berdiri hingga menjaga kesinambungan perusahaan bakal dipelajari di konsentrasi ini.
  • Manajemen perbankan. Ilmu ini mempelajari manajerial khusus pada dunia perbankan mulai dari pengumpulan dana, hingga penyaluran kredit.

Prospek kerja

Mahasiswa lulusan manajemen diharapkan dapat menjadi manajer atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Lulusan manajemen juga harus bisa membagi tugas dan tanggung jawab setiap anggotanya.

Tamatan manajemen dapat bekerja di seluruh perusahaan seperti swasta, pemerintah, maupun yayasan atau organisasi non-profit. Semua bidang industri seperti perbankan, retail, perminyakan dan sebagainya membutuhkan lulusan manajemen.

Lulusan manajemen dapat bekerja menjadi analis bisnis, HRD, recruiter, penasihat keuangan, analis investasi, dan konsultan bisnis, sales, analis kredit atau perbankan. Selain bekerja pada perusahaan, tamatan manajemen bisnis juga bisa membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang.

Leave A Comment

Share via