||Informasli Lengkap Mengenai Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Informasli Lengkap Mengenai Kuliah Jurusan Teknik Sipil

2019-07-29T13:48:53+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang tergabung dalam Fakultas Teknik. Program studi teknik sipil tersedia di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Ilmu teknik sipil akan terus dibutuhkan karena berhubungan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang hidup manusia. Ilmu teknik sipil dipakai untuk merancang dan mengawasi pembangunan infrastruktur.

Jika kamu berminat dan tertarik dengan ilmu desain, konstruksi, dan infrastruktur, teknil sipil merupakan jurusan yang tepat untuk kamu. Untuk itu, kamu mesti memperkuat pemahaman matematika dan juga fisika karena sangat dibutuhkan dalam ilmu teknik sipil.

Lulusan teknik sipil akan menjadi insinyur dan mendapatkan gelar Sarjana Teknik atau S.T.

Berikut beberapa hal yang patut kamu ketahui tentang jurusan kuliah teknik sipil.

Materi kuliah teknik sipil

Teknik sipil merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur. Infrastruktur itu meliputi gedung, jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, dan sebagainya.

Untuk membuat infrastruktur yang kuat dan layak dioperasikan, mahasiswa teknik sipil bakal diajarkan unsur-unsur bangunan. Oleh karena itu, teknik sipil juga bersinggungan dengan jurusan arsitektur. Teknik sipil bakal mengevaluasi secara teknis rancangan dari arsitek sesuai dengan kaidah konstruksi dan menentukan bahan material yang akan digunakan.

Teknik sipil akan sangat mempertimbangkan kemajuan teknologi transportasi, perubahan lingkungan seperti iklim, struktur tanah, dan bencana alam.

Mata kuliah teknik sipil terdiri dari kalkulus, rekayasa dan desain, menggambar teknik, rekayasa bahan konstruksi sipil, mekanika bahan, mekanika tanah, analisis struktur, struktur beton, struktur baja. Selain itu, dipelajari pula teknik pondasi, konstruksi jalan, rekayasa lingkungan, rekayasa lalu lintas, rekayasa hidrologi, serta irigasi dan drainase.

Mata kuliah ini bukan sekadar teori di dalam kelas saja, tapi juga menuntut mahasiswa untuk praktik, membuat proyek, atau melakukan penelitian langsung di lapangan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa teknik sipil dapat mengetahui dan menerapkan langsung ilmu yang dipelajari sehingga siap bekerja setelah lulus.

Teknik sipil juga memiliki sejumlah peminatan yang dipilih oleh mahasiswa untuk menentukan fokus saat perkuliahan. Peminatan itu di antaranya struktur, geoteknik, transportasi, manajemen sumber daya air, manajemen konstruksi, dan lingkungan.

Prospek kerja

Sarjana teknik sipil akan selalu dibutuhkan seiring dengan kebutuhan akan infrastruktur yang terus berkembang, terutama di Indonesia. Insinyur sipil diharapkan dapat merencanakan, merancang, serta mengawasi konstruksi bangunan sesuai standar.

Lulusan teknik sipil dapat bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti, konstruksi, dan produksi material bangunan, baik swasta maupun negeri. Instansi pemerintah yang menerima lulusan teknik sipil meliputi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Perencanaan Nasional (BPN). BUMN bidang konstruksi dan infrastruktur juga membutuhkan lulusan teknik sipil.

Secara spesifik, lulusan teknik sipil dapat berprofesi sebagai seorang analis kontrol kualitas, drafter sipil, teknisi sipil hingga pengawas konstruksi dan bangunan.

Jurusan teknik sipil terbaik

Jurusan teknik sipil terbaik di Indonesia dapat dilihat berdasarkan akreditasi yang diberikan olen BAN-PT. Terdapat 32 perguruan tinggi negeri dan swasta yang mendapatkan akreditasi A untuk jurusan teknik sipil.

Berikut perguruan tinggi negeri dengan jurusan teknik sipil  yang memiliki akreditasi A.

Leave A Comment

Share via