||Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

2019-07-26T16:34:18+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Kuliah jurusan ilmu komunikasi bukan sekadar belajar ngomong atau berbicara di depan umum. Lebih dari pada itu, ilmu komunikasi merupakan studi yang kompleks mengenai penyampaian pesan yang efektif. Ada banyak materi kuliah yang bakal membuka wawasan kamu selama menjadi mahasiswa ilmu komunikasi.

Mayoritas perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri menyediakan program studi ilmu komunikasi karena ilmu ini penting dan para luusannya dibutuhkan untuk bekerja di berbagai sektor.

Beberapa perguruan tinggi menjadikan ilmu komunikasi sebagai fakultas tersendiri seperti di Universitas Padjadjaran. Sebagian lain, masih menggabungkan ilmu komunikasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) seperti di Universitas Indonesia.

Lulusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S. I.Kom) sedangkan yang masih bergabung dengan FISIP biasanya masih dengan gelar Sarjana Sosial (S. Sos).

Materi kuliah

Secara umum, kuliah ilmu komunikasi berisi pemantapan macam-macam teori komunikasi agar penyampaian pesan efektif dan tepat sasaran. Selain teori, mahasiswa juga akan langsung praktik menerapkan teori yang sudah dipelajari. Terdapat pula metode penelitian komunikasi.

Mahasiswa ilmu komunikasi bakal mempelajari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi antarpribadi (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa. Ada pula komunikasi antarbudaya atau komunikasi internasional, komunikasi politik, dan komunikasi pemasaran.

Setiap mahasiswa ilmu komunikasi biasanya juga akan mempelajari dasar ilmu turunan dari ilmu komunikasi seperti hubungan masyarakat, periklanan, penyiaran, jurnalistik, dan komunikasi media.

Program studi atau peminatan

Setiap perguruan tinggi memiliki program studi atau peminatan ilmu komunikasi yang berbeda-beda, tergantung kebijakan kampus. Program studi ini dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dari awal kuliah atau di tengah perkuliahan seperti semester tiga atau semester lima.

Pada dasarnya, terdapat beberapa program studi di ilmu komunikasi, yakni hubungan masyarakat, jurnalistik, penyiaran (televisi dan film), periklanan, manajemen komunikasi, dan komunikasi media.

Program studi hubungan masyarakat atau public relations akan mempelajari cara untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra, d=dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi/perusahaan dengan masyarakat.

Mahasiswa jurnalistik akan mempelajari cara mencari dan membuat berita untuk berbagai media seperti televisi, radio, surat kabar, dan online sesuai dengan etika dan kaidah jurnalistik yang berlaku.

Penyiaran, televisi, dan film akan mempelajari industri kreatif dan cara membuat konten untuk media penyiaran, seperti televisi dan film. Program studi ini akan lebih banyak menuntut mahasiswa untuk langsung praktik.

Periklanan dan manajemen komunikasi akan mempelajari cara merancang strategi komunikasi pemasaran termasuk membuat dan menempatkan alat promosi seperti iklan.

Sedangkan komunikasi media mempelajari ilmu mengenai media secara lebih mendalam. Setiap media bakal dikaji untuk mengetahui komunikasi yang efektif.

Prospek kerja

Kuliah ilmu komunikasi dapat berlangsung mulai dari 3,5 tahun hingga paling lama 6 tahun. Lulusan sarjana ilmu komunikasi diharapkan dapat membuat media komunikasi yang efektif dan tepat tujuan.

Lulusan ilmu komunikasi memiliki banyak prospek kerja di berbagai sektor karena komunikasi sangat dibutuhkan di banyak aspek kehidupan. Industri yang paling membutuhkan sarjana komunikasi adalah industri media, industri kreatif, dan industri riset.

Sarjana ilmu komunikasi dapat menjadi humas di semua perusahaan atau organisasi. Lulusan jurnalistik dapat bekerja sebagai wartawan di media massa. Periklanan maupun manajemen komunikasi kini bisa menempati posisi seperti spesialis media sosial, perencanaan media hingga copywriter.

Leave A Comment

Share via