||Panduan Calon Mahasiswa Institut Pertanian Bogor: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

Panduan Calon Mahasiswa Institut Pertanian Bogor: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

2019-06-27T15:06:52+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Cikal bakal Institut Pertanian Bogor (IPB) ditandai dengan pendirian Fakultas Ilmu Pengetahuan Pertanian Universitas Indonesia di Bogor. IPB merupakan satu-satunya “institut” setaraf universitas di Indonesia, yang dipercaya penuh oleh pemerintah untuk melakukan pengembangan ilmu-ilmu pertanian tropika.

IPB memiliki lima kampus yang tersebar di beberapa lokasi di kawasan Bogor, di mana kampus terbesarnya yaitu Kampus Dramaga merupakan pusat kegiatan belajar-mengajar untuk program S1 sampai S3 dan profesi.

Oleh Kemenristekdikti, IPB dinobatkan sebagai perguruan tinggi negeri terbaik ketiga di Indonesia. Sama halnya dengan ITB dan UGM, IPB juga merupakan kampus asalnya beberapa Campus Ambassador Dana Cita yang merupakan mahasiswa-mahasiswi berprestasi.

Sekilas tentang IPB

Dana Cita | Institut Pertanian Bogor

Fakultas Populer dan Biaya Kuliah IPB

Dana Cita | biaya kuliah Institut Pertanian Bogor

Cara Masuk IPB

Layaknya PTN lain, IPB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Selain itu, IPB juga memiliki beberapa jalur khusus, seperti jalur Afirmasi, jalur UTM (Ujian Talenta Masuk), jalur Ketua Osis, jalur BUD (Beasiswa Utusan Daerah), serta jalur PIN (Prestasi Internasional dan Nasional).

UKM Populer

  1. Agria Swara (Paduan Suara Mahasiswa)
  2. IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences)
  3. IPB Debating Community (IDC)

Fakta Menarik

  1. Di tahun pertama, semua mahasiswa IPB wajib tinggal di asrama
  2. Koin IPB alias ikon kebanggaan kampus IPB dan Jalan Bara adalah dua spot favorit mahasiswa IPB
  3. IPB mempunyai Sekolah Kopi yang didirikan untuk mencetak barista-barista bertalenta

Notable Alumni

Alfi Irfan

Alfi Irfan adalah seorang social entrepreneur yang lulus dari IPB, jurusan Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan. Berangkat dari hasil penelitiannya mengenai masalah pertanian di Indonesia, Alfi pun mendirikan sebuah perusahaan bernama AgriSocio, dengan misi untuk membawa perubahan ekonomi bagi para petani di desa.

Siti Nurbaya Bakar

Kabinet pemerintahan Presiden Jokowi diisi oleh jejeran menteri, yang salah satunya merupakan lulusan IPB tahun 1979. Ia adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar. Siti mengenyam pendidikan sarjananya di Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Sebelum ditunjuk menjadi menteri, ia sempat terpilih untuk mengisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dana Cita | media sosial Institut Pertanian Bogor


Catatan: Seri Panduan Calon Mahasiswa Baru ini disusun berdasarkan hasil survei Dana Cita terhadap teman-teman mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Leave A Comment

Share via