||Panduan Calon Mahasiswa Institut Teknologi Bandung: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

Panduan Calon Mahasiswa Institut Teknologi Bandung: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

2019-06-27T14:58:04+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Pada pertengahan tahun 2018, Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) mengumumkan 100 besar perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia. Nama pertama yang muncul dalam daftar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di awal berdirinya, ITB menjadi lokasi sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang diberi nama Technische Hogeschool (TH). Meskipun hingga kini lebih dikenal sebagai sekolah teknik, ITB juga berkomitmen untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang memiliki semangat kewirausahaan, melalui Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Dana Cita sendiri memiliki beberapa anggota komunitas yang tersebar di sejumlah fakultas di ITB. Teman-teman Campus Ambassador ini terdiri dari para mahasiswa yang tak hanya berprestasi di bidang studi yang digeluti, tapi juga peduli pada isu pendidikan di Indonesia.

Sebagai panduan para calon mahasiswa baru yang ingin masuk perguruan tinggi favorit ini, berikut beberapa informasi yang perlu diketahui tentang ITB.

Sekilas tentang ITB

Dana Cita | Institut Teknologi Bandung

Fakultas Populer dan Biaya Kuliah ITB

Dana Cita | Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung

Cara Masuk ITB

Awalnya, ITB hanya menerima mahasiswa baru untuk program sarjana reguler melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun, di tahun 2019 ini ITB kembali membuka jalur seleksi mandiri. Di luar itu, ITB juga membuka penerimaan mahasiswa program sarjana internasional, yang mana menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah.

UKM Populer

  1. Marching Band Waditra Ganesha
  2. Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM-ITB)
  3. Loedroek

Fakta Menarik

  1. Sebuah hasil riset tahun 2017 menunjukkan bahwa ITB merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak melahirkan pendiri startup
  2. ITB memiliki satu area terbuka yang terbilang unik, di mana jika ada orang yang berteriak di area tersebut, maka suaranya akan menghasilkan gaung
  3. Kampus Ganesha ITB memiliki sebuah kolam air mancur yang dinamakan Indonesia Tenggelam (intel), yang pada waktu tertentu terdapat pelangi di atasnya

Notable Alumni

Ahmad Zaky

Salah satu situs e-commerce, Bukalapak, didirikan oleh alumni Teknik Informatika ITB bernama Ahmad Zaky. Sejak SMA hingga kuliah, pria asal Sragen, Jawa Tengah ini aktif berorganisasi serta mengikuti berbagai kompetisi di bidang komputer. Dengan menggabungkan skill IT dan jiwa wirausahanya, Zaky berhasil melahirkan sebuah startup yang terus berkembang hingga saat ini.

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini lulus dari Teknik Arsitektur ITB pada tahun 1995. Ia dikenal aktif di media sosial sejak masih menjabat sebagai Walikota Bandung. Sebelumya, Kang Emil sibuk mengembangkan Urbane Indonesiasebuah firma konsultan arsitektur, desain interior, dan perencanaan, yang ia dirikan bersama rekan-rekannya di Bandung.

Dana Cita | media sosial Institut Teknologi Bandung


Catatan: Seri Panduan Calon Mahasiswa Baru ini disusun berdasarkan hasil survei Dana Cita terhadap teman-teman mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Leave A Comment

Share via