||Panduan Calon Mahasiswa Universitas Diponegoro: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

Panduan Calon Mahasiswa Universitas Diponegoro: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

2019-06-27T15:14:08+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Sejarah Universitas Diponegoro (UNDIP) bermula pada tahun 1950-an. Masih terbatasnya perguruan tinggi di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk menampung jumlah lulusan SMA yang terus meningkat pada saat itu, mendorong lahirnya perguruan tinggi negeri (PTN) ini.

UNDIP merupakan salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Semarang. Selain di kota tersebut, UNDIP juga membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di beberapa daerah lain di Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil riset Kemenristekdikti, UNDIP masuk dalam 10 besar PTN terbaik tahun 2018. Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik untuk masuk UNDIP, di bawah ini kumpulan informasi menarik yang perlu diketahui.

Sekilas tentang UNDIP

Dana Cita | tahun berdiri Universitas Diponegoro

Fakultas Populer dan Biaya Kuliah UNDIP

Dana Cita | biaya kuliah Universitas Diponegoro

Cara Masuk UNDIP

UNDIP membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program S1 melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri–yang biasanya dilakukan serentak di sejumlah kota di Indonesia, serta Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Jalur SBUB bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang berprestasi dari berbagai bidang, seperti olahraga, seni, tahfidz, serta sains, teknologi, dan humaniora.

UKM Populer

  1. UNDIP Debating Forum (UDF)
  2. Perhimpunan Seni Foto Mahasiswa (PRISMA)
  3. Sepak Bola

Fakta Menarik

  1. UNDIP pertama kali didirikan dengan nama Universitas Semarang–yang kini menjadi perguruan tinggi swasta
  2. WP alias Widya Puraya adalah salah satu gedung di kampus UNDIP yang sering menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa
  3. Di dalam lingkungan kampus UNDIP terdapat sebuah tempat penangkaran rusa

Notable Alumni

Anindya Kusuma Putri

Anindya Kusuma Putri merupakan salah satu alumni jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP. Sebelum melepas status mahasiswanya, gadis asal Semarang ini terpilih menjadi pemenang ajang pemilihan Putri Indonesia tahun 2015 mewakili Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, ia juga melaju ke kontes Miss Universe dan berhasil masuk 15 besar.

Tjahjo Kumolo

Setelah dua kali ditolak oleh kampus idamannya, UGM, Tjahjo Kumolo–yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri RI–akhirnya diterima di Fakultas Hukum UNDIP. Usai menyandang gelar Sarjana Hukum (SH) dari UNDIP pada tahun 1985, ia pun terpilih menduduki salah satu kursi anggota DPR untuk partai Golkar.

Dana Cita | media sosial Universitas Diponegoro


Catatan: Seri Panduan Calon Mahasiswa Baru ini disusun berdasarkan hasil survei Dana Cita terhadap teman-teman mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Leave A Comment

Share via