||Panduan Calon Mahasiswa Universitas Gadjah Mada: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

Panduan Calon Mahasiswa Universitas Gadjah Mada: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

2019-06-27T15:01:23+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Universitas Gadjah Mada menduduki urutan kedua perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebagai salah satu PTN kenamaan, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus tujuan para calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Berlokasi di Kota Pelajar, Yogyakarta, UGM merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia. Sepanjang sejarah berdirinya, UGM mendapat predikat sebagai Universitas Nasional, Universitas Perjuangan, Universitas Pancasila, dan Universitas Kerakyatan.

Tak hanya itu, PTN ini juga secara resmi ditetapkan sebagai Universitas Pusat Kebudayaan, yakni universitas yang menjadi tempat pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia.

Berikut seluk-beluk UGM yang bisa jadi panduan calon mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020:

Sekilas tentang UGM

Dana Cita | Universitas Gadjah Mada

Fakultas Populer dan Biaya Kuliah UGM

Dana Cita | biaya kuliah UGM | Universitas Gadjah Mada

Cara Masuk UGM

UGM membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa, antara lain SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis (UTUL), dan jalur prestasi. UTUL merupakan jalur seleksi mandiri UGM dengan pola ujian tertulis, sementara jalur prestasi dibagi lagi menjadi tiga, yaitu Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), dan Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB).

UKM Populer

  1. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PSM UGM)
  2. Marching Band
  3. Panahan

Fakta Menarik

  1. Lokasi UGM yang sebenarnya adalah di Kabupaten Sleman, bukan Kota Yogyakarta
  2. UGM memiliki jaket almamater berwarna unik, yaitu warna “karung goni”, seperti warna pakaian pada zaman penjajahan
  3. UGM dijuluki sebagai Kampus Biru karena sebuah novel karya Ashadi Siregar yang berjudul Cintaku di Kampus Biru

Notable Alumni

Eka Kurniawan

Eka Kurniawan merupakan salah satu alumni Fakultas Filsafat UGM yang kini berprofesi sebagai penulis. Dalam perjalanan kariernya di bidang kesusastraan, Eka kerap dijuluki penerus Pramoedya Ananta Toer, salah satu sastrawan besar yang memang cukup mempengaruhinya dalam melahirkan berbagai karya. Bahkan, skripsinya dulu pun berjudul Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis, yang selanjutnya diterbitkan sebagai buku.

Jokowi

Sebelum terjun ke dunia politik sebagai Walikota Surakarta, Joko Widodo alias Jokowi lebih dulu berkarier sebagai pengusaha mebel. Selepas menamatkan S1-nya di Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985, Presiden ke-7 RI ini sempat bekerja di sebuah perusahaan BUMN di Aceh, sebelum kemudian memutuskan untuk merintis usaha furniturnya tersebut.

Dana Cita | biaya kuliah UGM | media sosial Universitas Gadjah Mada


Catatan: Seri Panduan Calon Mahasiswa Baru ini disusun berdasarkan hasil survei Dana Cita terhadap teman-teman mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Leave A Comment

Share via