||Panduan Calon Mahasiswa Universitas Indonesia: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

Panduan Calon Mahasiswa Universitas Indonesia: Biaya Kuliah, Seleksi Masuk, Fakta Menarik

2019-06-27T15:09:46+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Sejarah Universitas Indonesia (UI) bermula dari Sekolah Dokter Jawa yang didirikan pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Sekolah tinggi tersebut kemudian bergabung dengan beberapa sekolah tinggi lain, yang kemudian menjadi Cikal Bakal UI. Hingga kini PTN yang kampus utamanya berlokasi di Depok ini identik dengan jaket almamaternya yang berwarna kuning.

UI sudah sering menempati peringkat perguruan tinggi terbaik di tingkat nasional maupun internasional. Di Indonesia sendiri, UI merupakan PTN terbaik keempat setelah ITB, UGM, dan IPB. Predikat tersebut diberikan oleh Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) berdasarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi non-vokasi tahun 2018.

Sebelum menjatuhkan pilihannya, para calon mahasiswa dapat menyimak terlebih dahulu berbagai informasi seputar PTN satu ini.

Sekilas tentang Universitas Indonesia

Dana Cita | tahun berdiri Universitas Indonesia

Fakultas Populer dan Biaya Kuliah UI

Dana Cita | biaya kuliah Universitas Indonesia

Cara Masuk UI

Calon mahasiswa baru UI untuk jenjang S1 dapat mengikuti tiga jalur seleksi masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI). Sejak 2017, seleksi masuk program S1 Reguler hanya dapat ditempuh melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan program S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan program Vokasi (D3) dapat ditempuh melalui SIMAK UI.

UKM Populer

  1. Paragita Choir
  2. Marching Band Madah Bahana
  3. UI Model United Nations (MUN) Club

Fakta Menarik

  1. Sejak tahun 2010, UI selalu meraih peringkat pertama di QS World University Rangkings untuk kategori perguruan tinggi terbaik di Indonesia
  2. Perpusat alias Perpustakaan Pusat yang dikenal dengan fasilitas lengkapnya, merupakan spot favorit mahasiswa UI
  3. Berdasarkan hasil riset Green Metric tahun 2017, UI merupakan kampus terhijau alias paling ramah lingkungan di Indonesia

Notable Alumni

BJ Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie, merupakan Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) yang lulus dari Fakultas Teknik UI, Bandung (yang kini menjadi ITB). Pria asal Parepare, Sulawesi Selatan ini begitu dikenal dengan jasanya di bidang dirgantara, salah satunya merancang pesawat sipil N-250 yang pertama kali diterbangkan pada tahun 1995.

Tasya Kamila

Mantan artis cilik ini semakin dikenal sebagai salah satu inspirasi anak muda setelah ia meraih gelar Master of Public Administration dari Columbia University, Amerika Serikat. Sebelumnya, Tasya tercatat sebagai salah satu alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI dan pernah magang di Kementerian ESDM.

Dana Cita | media sosial Universitas Indonesia


Catatan: Seri Panduan Calon Mahasiswa Baru ini disusun berdasarkan hasil survei Dana Cita terhadap teman-teman mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Leave A Comment

Share via