||Tips Mencari Kost yang Nyaman untuk Mahasiswa

Tips Mencari Kost yang Nyaman untuk Mahasiswa

2019-07-26T16:33:57+00:00Persiapan Kuliah|0 Comments

Tempat tinggal merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat menjalani perkuliahan. Jika jauh dari rumah, kost merupakan salah satu pilihan tempat tinggal untuk mahasiswa ketika kuliah.

Memilih kost tak bisa sembarangan. Kost ibarat rumah kedua yang akan ditempati sehari-hari. Kost-kostan yang nyaman akan membuat istirahat lebih berkualitas dan tentunya akan menunjang perkuliahan.

Pilihlah kost yang nyaman dan memiliki lingkungan yang aman agar nantinya tak perlu repot harus pindah-pindah kost. Berikut tips mencari kost yang nyaman untuk mahasiswa.

Harga

Harga menjadi pertimbangan yang utama saat memilih kost. Terlebih dahulu, cari tahu harga kost-kostan di sekitar kampus.

Kost-kostan di sekitar kampus bisanya memiliki kisaran harga dari yang murah hingga yang mahal dengan fasilitas yang lengkap.

Sebagian kost menetapkan harga sewa sudah dengan biaya listrik dan beberapa belum termasuk listrik atau fasilitas lain.

Carilah kost-kostan yang sesuai dengan bujet untuk tempat tinggal. Pastikan metode pembayaran kost seperti pembayaran per bulan, per tiga bulan, per semester, atau per tahun, lalu perhatikan pula deadline pembayaran agar pengadaan bujet dapat disesuaikan.

Jarak

Jarak antara kost dengan kampus mesti dihitung dengan tepat. Carilah kost yang dekat dengan kampus atau memiliki akses yang baik menuju kampus.

Perhatikan apakah dari kost bisa jalan kaki, perlu menaiki kendaraan umum, atau harus membawa kendaraan sendiri ke kampus.

Hitung pula berapa lama waktu yang dibutuhkan ke kampus untuk menghindari keterlambatan.

Kebersihan

Saat survei kost-kostan yang akan dipilih, pastikan kebersihan jadi faktor utama. Lihatlah kebersihan setiap sudut kost dan kamar. Kebersihan yang terjaga akan memberikan kenyamanan saat ditinggali.

Tanyakan pula kepada penjaga kost apakah ada yang bertugas untuk membersihkan halaman atau bahkan kamar tidur. Beberapa kost menyediakan fasilitas membersihkan kamar setiap hari atau setiap minggu.

Kamar tidur

Perhatikan kamar tidur yang bakal ditempati. Suasana di kamar tidur juga dapat menjadi pertimbangan memilih kost yang nyaman. Mulai dari besar dan luas ruangan, barang-barang yang tersedia di dalam kamar, dan bagian luar kamar. Misalnya, apakah terdapat ventilasi atau jendela, masuk sinar matahari yang cukup, bebas dari hujan, dan sebagainya.

Beberapa kost juga sudah menyediakan kamar lengkap dengan tempat tidur, lemari, meja belajar, dan pendingin ruangan. Jika belum ada, kamu mesti membeli atau membawa sendiri barang-barang yang dibutuhkan.

Pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin juga patut dipertimbangkan jika tinggal di kawasan yang panas atau gersang.

Kamar mandi

Kamar mandi juga harus menjadi perhatian. Sebagian kost menyediakan kamar mandi di dalam kamar dan beberapa di luar kamar yang digunakan secara bersama dengan penghuni kost lainnya.

Periksa kebersihan kamar mandi karena akan digunakan setiap hari. Cek pula kelengkapan fasilitas di dalam kamar mandi seperti toilet, bak mandi, ember, gayung, atau shower. Pastikan semua fasilitas berfungsi dengan baik.

Fasilitas lain

Selain yang ada di dalam kamar, perhatikan pula fasilitas lain yang disediakan oleh kost-kostan. Misalnya, jasa cuci dan setrika, ketersediaan mesin cuci, serta jemuran kain.

Beberapa kost juga menyediakan fasilitas ruang tamu yang bisa digunakan jika ada teman yang datang. Fasilitas parkir atau pekarangan yang luas juga harus diperhatikan.

Fasilitas lain seperti dapur dan kulkas yang bisa dipakai bersama juga bisa jadi nilai tambah saat mencari kost yang nyaman. Keberadaan dapur dan kulkas akan memudahkan untuk menyiapkan dan menyimpan makanan.

WiFi

Internet sudah jadi kebutuhan utama saat ini. Keberadaan WiFi akan memudahkan kamu untuk mengerjakan tugas atau mencari bahan perkuliahan. Pastikan kekuatan WiFi yang ada di kost cukup untuk berselancar di Internet.

Selain WiFi, pastikan pula sinyal handphone dapat ditangkap dengan jelas saat berada di dalam kamar.

Penjagaan

Pastikan kost memiliki penjagaan yang aman. Mulai dari pagar yang terkunci, keberadaan penjaga atau sekuriti, kamera CCTV, dan sebagainya dapat menunjang keamanan di sekitar kost.

Tanyakan pula riwayat kemalingan di sekitar kost untuk memastikan kondisi aman.

Aturan kost

Aturan kost mesti dicermati dengan baik. Ada kost yang memberlakukan jam malam, ada pula yang lebih bebas. Ada kost yang memperbolehkan membawa lawan jenis dan sebagian melarangnya.

Sebagian kost membolehkan membawa teman atau keluarga menginap, beberapa kost menerapkan harga tambahan jika ada yang menginap. Aturan kost ini mesti dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Lingkungan di sekitar kost

Lihat pula lingkungan yang ada di sekitar kost seperti keamanan dan hal lainnya. Posisi warung terdekat, tempat menjual makanan, tempat print, warung Internet, laundry, rumah ibadah seperti gereja dan masjid, klinik, serta rumah sakit harus diketahui sejak awal.

Mengetahui lokasi-lokasi ini dapat memudahkan kamu saat sudah mulai tinggal di kost dan menjalani kehidupan perkuliahan sebagai mahasiswa. Pilihlah kost yang sesuai dengan anggaran, memiliki fasilitas yang cukup, serta kenyamanan dan keamanan yang terjaga.

Leave A Comment

Share via