||Apa Saja Keuntungan Memanfaatkan Pinjaman Pendidikan?

Apa Saja Keuntungan Memanfaatkan Pinjaman Pendidikan?

2019-06-27T15:25:31+00:00Pinjaman Pendidikan|0 Comments

Biaya yang tinggi sering menghalangi seseorang dalam menempuh perkuliahan. Untungnya kendala biaya di perguruan tinggi mulai bisa disiasati dengan kehadiran pinjaman pendidikan.

Indonesia memang termasuk salah satu negara dengan biaya kuliah yang relatif mahal. Sebagai gambaran, menurut CNN Indonesia besar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Indonesia mencapai Rp15 juta untuk rumpun sains teknologi & kesehatan, serta Rp12,5 juta untuk rumpun sosial humaniora.

Biaya itu masih di luar keperluan lain untuk penunjang perkuliahan seperti buku dan biaya hidup.

Sementara itu, untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta favorit, uang yang dikeluarkan biasanya jauh lebih besar. Tidak aneh kalau banyak yang memilih menanggalkan mimpi untuk kuliah. Padahal, seharusnya tidak seperti itu.

Sekarang sudah ada student loan dengan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya:

1. BUNGA TERJANGKAU

Salah satu keengganan seseorang untuk mengajukan pinjaman dana adalah berkaitan dengan bunga yang dibebankan. Bukannya meringankan, suku bunga yang tinggi justru semakin memberatkan pihak peminjam.

Namun, lain halnya dengan pinjaman pendidikan. Ada keuntungan yang ditawarkan ketika memanfaatkannya, yakni bunga yang lebih terjangkau.

Biasanya bunga yang dibebankan oleh student loan ada di bawah jenis pinjaman lain, yakni di kisaran 1 hingga 2 persen per bulan. Bukan hanya itu, lembaga yang menyediakan pinjaman juga memberikan fixed rate. Dengan demikian, nilai bunganya tidak akan fluktuatif sehingga peminjam dapat memperkirakan besar angsuran setiap bulan.

Contohnya adalah Dana Cita. Penyedia pinjaman pendidikan online ini menetapkan bunga di kisaran 1 hingga 1,75 persen per bulan. Nilai itu merupakan bunga tetap yang terjangkau.

2. SETARA DENGAN INVESTASI

Kita sering mendengar anjuran untuk menghindari kredit apabila untuk kepentingan konsumtif. Namun, lain halnya dengan pinjaman pendidikan. Student loan merupakan jenis kredit yang bermanfaat besar. Bahkan, bisa dibilang setara dengan investasi.

Pasalnya, student loan menjamin bahwa pendidikan di bangku kuliah bisa dinikmati, dan pendidikan yang berkualitas akan membuka kesempatan yang luas dalam hidup.

Dengan begitu, nilai yang didapat oleh pengguna pinjaman pendidikan sebenarnya jauh lebih tinggi dari besar pinjaman. Hidup seseorang bisa berubah ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, student loan pantas disebut setara dengan investasi yang menguntungkan.

3. NILAI PINJAMAN SETARA DENGAN KEBUTUHAN

Keuntungan lain menggunakan pinjaman pendidikan adalah nilai pinjamannya yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, pinjaman yang diberikan mencapai 100 persen dari keperluan biaya pendidikan.

Sistem ini sudah dilakukan oleh Dana Cita. Dana Cita memberikan pinjaman sebesar biaya pendidikan yang dibutuhkan di satu perguruan tinggi di mana dananya dicairkan sesuai dengan jadwal pembayaran yang sudah ditetapkan.

Dengan biaya kuliah yang sudah terpenuhi, mahasiswa bisa fokus dalam menempuh studinya. Mereka tidak lagi terganggu dengan pikiran untuk membiayai studi yang mahal.

4. PENGAJUAN LEBIH MUDAH

Sejumlah lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman biasanya memiliki ketentuan khusus bagi pemohon, seperti seperti syarat agunan alias jaminan. Namun, tidak demikian dengan pinjaman pendidikan, khususnya yang disediakan oleh Dana Cita.

Proses persetujuan dan syarat untuk mendapatkannya cenderung lebih mudah. Sebagai contoh, Dana Cita hanya mewajibkan pihak pemohon yang berusia di bawah 21 tahun dan memiliki penghasilan untuk mengajukan pinjaman bersama seorang penjamin.

Selain itu, pemohon merupakan pelajar/mahasiswa aktif maupun yang sedang mendaftar di salah satu lembaga pendidikan. Hal ini dikarenakan dana yang dipinjam akan dicairkan langsung ke lembaga tersebut.

5. MASA PENGEMBALIAN PANJANG

Masih ada keuntungan lain dari memanfaatkan pinjaman pendidikan, yakni terkait dengan masa pengembalian pinjaman. Karena kredit ini diperuntukkan bagi para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu, penyedia pinjaman memberikan kelonggaran dalam masa pengembalian. Biasanya tenor yang diberikan relatif panjang.

Hal ini jelas bermanfaat karena tenor yang panjang akan membuat cicilan lebih ringan. Mereka pun tidak akan keberatan dalam mengembalikan pinjaman.

Dana Cita sendiri menetapkan tenor atau jangka waktu pinjaman, yaitu 12 bulan hingga 24 bulan—untuk biaya yang lebih besar seperti uang pangkal. Nah, jangka waktu tersebut bisa diperpanjang dengan melakukan top-up pinjaman, tanpa ada kewajiban melunasi pinjaman sebelumnya.

Nah, berbagai keuntungan memanfaatkan pinjaman pendidikan untuk biaya kuliah sudah diketahui. Kamu pun bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk menggapai mimpi menempuh pendidikan tinggi.

Leave A Comment

Share via