||Kuliah Banyak Rapat? Ini Tipsnya!

Kuliah Banyak Rapat? Ini Tipsnya!

Penulis: Mika Anisatun Karimah –  Sejak SMA, Mika sudah terlibat di banyak kegiatan organisasi. Nah, Campus Ambassador Dana Cita ini punya tips buat sesama mahasiswa aktivis yang kebingungan menghadapi kuliah dan rapat organisasi.


Rapat bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi merupakan hal yang biasa. Namun, bagaimana jika intensitas rapat tersebut semakin meningkat karena mempertimbangkan program kerja besar yang akan dilaksanakan?

Banyak sekali aktivis kampus yang mengikuti lebih dari satu organisasi. Tidak jarang mereka mengalami tabrakan waktu rapat antarorganisasi, mengingat banyaknya program kerja dari masing-masing organisasi.

Hal tersebut dapat menimbulkan kebingungan, perasaan ingin mengeluh, hingga keinginan untuk meninggalkan tanggung jawab. Namun, ini bukan saatnya untuk mundur.

Ada sebuah quote yang berbunyi, “Amanah tidak pernah salah memilih pundak.” Oleh karena itu, kita  harus berusaha keras dalam membagi waktu, terutama untuk rapat yang kerap menyita waktu belajar karena diadakan pada malam hari.

Mengapa pembagian waktu sangat penting? Karena tujuan awal kuliah adalah belajar, jadi tetap utamakan belajar baru disertai mencari pengalaman pada organisasi yang kalian ikuti.

Dalam kondisi yang cukup melelahkan, sebagai seseorang yang tidak boleh meninggalkan tanggung jawab dan kewajiban, ada kiat-kiat untuk mengurangi kebingungan di tengah kesibukan yang padat.

Adapun tips untuk mengelola waktu antara lain:

1. Susun jadwal dengan rapi

Membuat jadwal yang mudah dilihat menjadi cara paling efektif dalam melakukan manajemen waktu. Jika diperlukan, kamu bisa memasang papan tulis kecil di dinding kamar untuk menulis semua jadwal rapat, maupun tugas yang harus dikerjakan beserta deadline-nya. Ketika melihat jadwal itu, kamu juga jadi tahu kapan punya free time untuk belajar dan mengerjakan tugas.

2. Maksimalkan waktu yang ada

Setiap jadwal kuliah pasti memiliki waktu senggang, meskipun hanya 10 menit. Jangan pernah menyia-nyiakan hal tersebut. Waktu 10 menit bisa kalian gunakan untuk mengulas kembali materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan ketika kalian benar-benar sangat sulit mendapati waktu luang untuk belajar karena sibuk berorganisasi atau mungkin kelelahan.

3. Jangan menjadi deadliner

Kebanyakan mahasiswa senang sekali mengerjakan pekerjaan kuliah hampir tepat tenggat waktunya. Hal tersebut tidak baik mengingat kebanyakan dari mereka jadi merasa gugup dan kurang maksimal dalam mengerjakannya. Oleh karena itu, cobalah mengerjakan tugas kuliah di waktu luang.

4. Fokus pada satu hal

Ketika ada banyak rapat dan tugas kuliah, fokuslah pada satu hal yang sedang dilakukan. Misalnya, ketika berada di sebuah rapat, kamu harus fokus dengan jalannya rapat tersebut. Sedangkan ketika mengerjakan tugas, kamu harus berkonsentrasi penuh pada tugas yang dikerjakan. Semua itu semata-mata untuk mempercepat selesainya pekerjaan sehingga kamu tidak melakukannya berulang kali dan akhirnya membuang waktu.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi aktivitas perkuliahan dan organisasi yang padat. Meskipun terlihat biasa saja, terkadang pada kenyataannya sulit dilakukan.

Peranan gadget di kehidupan mahasiswa telah membawa perubahan besar, salah satunya produktivitas yang menurun. Mari menjadi generasi muda yang cerdas dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena 0,1 detik pun waktu tidak akan bisa diputar.

Nikmati kegiatanmu, bagi rata waktumu!

Leave A Comment

Share via