||Alasan Pinjaman Pendidikan Layak Dimanfaatkan untuk Biaya Kuliah

Alasan Pinjaman Pendidikan Layak Dimanfaatkan untuk Biaya Kuliah

2019-04-15T11:09:35+00:00Untuk Mahasiswa|0 Comments

Menyiapkan biaya kuliah sering menjadi problem tersendiri. Apalagi mahalnya biaya perguruan tinggi di Indonesia membuat banyak pelajar terpaksa mengubur cita-citanya untuk masuk kampus atau jurusan idamannya. Faktanya, ada pinjaman pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai solusi.

Ada banyak alasan yang menguatkan pilihan tersebut. Masalah pembiayaan biasanya menjadi hambatan terbesar. Kendala serupa sebenarnya juga dihadapi oleh para pelajar di luar negeri. Namun, banyak di antaranya yang telah memiliki solusi berupa pinjaman pendidikan. Kredit yang akrab dikenal sebagai student loan ini sudah lazim dimanfaatkan.

Pinjaman pendidikan merupakan dana yang dibayarkan oleh penyedia pinjaman ke lembaga pendidikan untuk membiayai kuliah atau kursus para pelajar/mahasiswa. Nantinya pinjaman tersebut wajib dikembalikan oleh peminjam dengan skema dan jangka waktu tertentu.

Student loan sudah memberikan manfaat bagi mahasiswa di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan sebagainya. Kamu pun bisa merasakan keuntungan jika menggunakan pinjaman pendidikan untuk pembiayaan kuliah.

1. MEMBANTU FOKUS KULIAH

Pinjaman pendidikan membuat bayar kuliah jadi terasa lebih ringan. Kamu pun sebagai mahasiswa bisa fokus untuk menjalani studi dengan baik.

Penyedia student loan biasanya mampu mencakup berbagai jenis pembiayaan akademis. Contohnya pinjaman Dana Cita yang dapat membantu membayar uang pangkal, uang gedung, hingga uang semester.

Pinjaman pendidikan yang disediakan oleh Dana Cita juga bisa mencapai seratus persen dari total kebutuhan. Artinya, kamu tidak perlu lagi memikirkan kekurangan pembiayaan kuliah sampai lulus.

Dengan demikian, kamu bisa merasa tenang dan berkonsentrasi penuh dalam menyelesaikan perkuliahan. Hal ini sangat membantu untuk menyelesaikan studi dengan cepat dan meraih prestasi terbaik.

2. PENGGUNAAN DANA TERJAMIN

Kamu bisa semakin yakin memanfaatkan pinjaman pendidikan dikarenakan penggunaan dananya akan terjamin. Pasalnya, pihak penyedia pinjaman pendidikan seperti Dana Cita akan membayarkan dananya secara langsung ke lembaga pendidikan.

Ketika peminjam mengajukan pinjaman pendidikan, Dana Cita akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Sesudah permohonannya disetujui, Dana Cita bakal mencairkan dana pinjaman pendidikan sesuai jadwal ke institusi pendidikannya. Jadi, pembayarannya tidak akan terlambat dan tepat sasaran.

3. TIDAK MEMBERATKAN MAHASISWA

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh penyedia pinjaman pendidikan. Sebagai contoh Dana Cita yang menyediakan cara mengajukan pinjaman pendidikan secara online.

Syarat yang ditetapkan juga mudah. Pemohon merupakan pelajar/mahasiswa aktif maupun sedang mendaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal. Pemohon yang belum berusia 21 tahun dan belum memiliki penghasilan dapat mengajukan pinjaman bersama seorang wali/penjamin.

Pengiriman dokumen, tanda tangan, dan seluruh komunikasi dengan tim Dana Cita dilakukan secara online sehingga tidak menyulitkan.

Bukan hanya itu, bunga pinjamannya juga terjangkau, yakni di kisaran 1 hingga 1,75 persen flat per bulan. Hal itu ditambah lagi dengan jangka waktu pembayaran yang mencapai 12-24 bulan.

4. DAPAT DITAMBAH DI TENGAH JALAN

Pinjaman pendidikan dirancang untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembiayaan kuliah. Banyak kebijakan khusus yang akhirnya mendukung mahasiswa dalam melakukan studi, salah satunya kemungkinan menambah pinjaman di tengah masa perkuliahan.

Sebagai gambaran, mahasiswa sudah memperoleh pinjaman pendidikan dari Dana Cita. Namun, di tengah masa studi terdapat kebutuhan lain terkait pendidikannya. Nah, Dana Cita tidak mewajibkan peminjam harus melunasi pinjamannya terlebih dulu, sebelum mengajukan pinjaman berikutnya.

Kebijakan ini jelas sangat membantu mahasiswa yang memerlukan dukungan biaya pendidikan secara mendadak. Dengan begitu, kuliah tidak akan terganggu dan studi pun tetap berjalan dengan baik.

Selain keempat manfaat di atas, pinjaman pendidikan juga idealnya mampu memberikan rasa aman. Dana Cita sendiri merupakan perusahaan fintech P2P lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga keamanan para penggunanya selalu terjamin. Kamu pun tidak perlu ragu lagi memanfaatkan student loan sebagai solusi biaya kuliah.

Leave A Comment

Share via