||8 Perpustakaan Online Gratis yang Bisa Jadi Sumber Referensi Mahasiswa

8 Perpustakaan Online Gratis yang Bisa Jadi Sumber Referensi Mahasiswa

2019-04-15T16:12:10+00:00Untuk Mahasiswa|0 Comments

Dalam mengerjakan tugas atau belajar untuk menghadapi ujian, mahasiswa biasanya tak hanya membutuhkan materi dari kampus, tapi juga bahan referensi tambahan. Di era teknologi ini, kamu tak perlu bingung lagi mencari buku atau beragam informasi untuk menunjang perkuliahan. Sudah banyak perpustakaan online gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Sebagai mahasiswa, kebutuhan terhadap buku-buku sangat mutlak, baik yang sifatnya fisik maupun digital. Buku bisa dipergunakan untuk memperdalam materi kuliah, serta menjadi sumber referensi untuk mengerjakan tugas. Jika harus selalu membelinya, biaya kuliah kamu tentu akan semakin tinggi.

Kamu bisa menggunakan cara cerdas, yaitu memanfaatkan keberadaan perpustakaan online gratis yang menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, hingga karya ilmiah yang dapat dijadikan referensi. Kamu hanya perlu mendaftar untuk bisa mengakses atau mengunduh berbagai pustaka yang ada di dalamnya.

Apa saja perpustakaan online gratis yang dapat dijadikan referensi? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

Salah satu perpustakaan online gratis yang dapat dimanfaatkan mahasiswa adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan mengakses http://e-resources.perpusnas.go.id/, kamu bisa mendapatkan berbagai pustaka sebagai referensi studi atau pengerjaan tugas.

Di dalamnya terdapat berbagai koleksi buku dan jurnal ilmiah baik lokal maupun internasional. Mahasiswa bisa mengunduh materi yang tersedia tanpa perlu membayar. Cukup mendaftar secara online, mahasiswa dapat menjadikan situs ini sebagai salah satu rujukan.

2. GOOGLE SCHOLAR

Butuh data-data untuk menunjang kegiatan perkuliahan? Hanya dengan mengakses Google Scholar, kamu dapat memperoleh berbagai jurnal ilmiah online dengan mudah. Cukup dengan melakukan pencarian di tautan https://scholar.google.com/, materi referensi bisa kamu peroleh.

Google Scholar merupakan situs pencarian publikasi ilmiah yang diluncurkan Google sejak 2014. Di dalamnya berisi berbagai karya penerbitan dalam berbagai format yang cocok sebagai referensi pustaka. Tidak heran, situs ini wajib dimasukkan mahasiswa ke dalam daftar perpustakaan online gratis yang wajib diketahui.

3. GARBA RUJUKAN DIGITAL

Garba Rujukan Digital (Garuda) bisa menjadi wadah mendapatkan berbagai referensi yang diperlukan. Mulanya situs ini bernama Indonesian Publication Index (IPI). Namun, sejak April 2018 berubah menjadi Garuda seiring akuisisi Kemenristekdikti. Mahasiswa bisa mengakses Garuda melalui tautan http://garuda.ristekdikti.go.id/.

Garuda menyediakan lebih dari 750 ribu artikel dan 7.918 jurnal ilmiah dari berbagai bidang disiplin ilmu. Koleksinya masih dilengkapi berbagai materi konferensi dan terbitan dari lebih dari 1.000 penerbit. Pantas kalau Garuda menjadi salah satu perpustakaan online gratis yang wajib diketahui oleh mahasiswa.

4. ACADEMIA

Ingin mencari paper riset dari seluruh dunia? Academia bisa menjadi tempat yang dituju. Ini merupakan situs berbagai paper hasil riset dari seluruh dunia yang bisa diakses secara gratis. Mahasiswa bisa menemukan hasil-hasil penelitian dari berbagai bidang berbeda yang bermanfaat.

Saat ini sudah lebih dari 74 juta akademisi yang mendaftar di sana. Selain mencari paper, pengguna bisa juga membagi hasil risetnya di sini. Berkat sistem tersebut sudah ada lebih dari 22 juta paper yang ada di dalam situs yang dapat diakses di tautan https://www.academia.edu/about ini.

5. MICROSOFT ACADEMIC

Microsoft Academic bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau penelitian. Mirip dengan Google Scholar, Microsoft Academic merupakan mesin pencari berbagai karya akademik. Namun, fokus situs yang dapat diakses di tautan https://academic.microsoft.com/ ini lebih tertuju pada karya ilmiah dan paper.

Terdapat lebih dari 212 ribu karya ilmiah dan materi dari sekitar 674 ribu bidang yang dapat diakses. Ada pula 48 ribu lebih jurnal ilmiah yang melengkapi, serta 4 ribu lebih seminar akademik. Microsoft Academic layak dimasukkan ke dalam daftar perpustakaan online gratis yang wajib dimanfaatkan.

6. PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Perpustakaan online gratis dapat pula ditemukan di berbagai perguruan tinggi. Kampus-kampus ternama di Indonesia biasanya sudah menyediakan perpustakaan yang bisa diakses dalam jaringan (daring).

Perpustakaan daring tersebut dapat terbagi menjadi beberapa format seperti digilib, ejournal, repository, dan eprints. Beberapa contohnya adalah http://digilib.itb.ac.id/, http://repository.ui.ac.id/, https://ejournal.undip.ac.id/, serta https://eprints.uns.ac.id/.  Mahasiswa dapat mencari sumber-sumber rujukan di sini dengan mudah.

7. OPEN LIBRARY

Perpustakaan online gratis yang layak diakses lainnya adalah Open Library. Beralamat di tautan https://openlibrary.org/, mereka menyediakan lebih dari 20 juta buku yang bisa dijadikan sumber rujukan pembuatan tugas atau memperdalam materi kuliah.

Lebih menarik, Open Library memungkinkan pengguna mengakses tanpa perlu koneksi internet. Buku-bukunya tersedia dalam format PDF, ePub, MOBI, hingga Plain text yang memudahkan pengguna untuk membaca.

8. LIBRARY GENESIS

Library Genesis pantas menjadi acuan mahasiswa untuk memburu berbagai referensi yang dibutuhkan. Di dalamnya tersedia lebih dari 2,7 buku dan 58 juta makalah ilmiah dari berbagai bidang studi. Cocok sekali untuk dijadikan acuan pengerjaan tugas maupun memperkuat pemahaman materi kuliah.

Mahasiswa bisa mengaksesnya melalui tautan http://libgen.is/. Sebagian besar pustaka yang disediakannya dapat diakses secara gratis, tapi ada beberapa yang berbayar. Meski begitu, situs ini layak masuk daftar perpustakaan online yang wajib diketahui oleh mahasiswa.

Itulah beberapa perpustakaan online gratis yang bermanfaat menunjang kegiatan perkuliahan kamu. Mahasiswa bisa mendaftar dan mengakses untuk memperoleh berbagai materi referensi yang penting. Dengan demikian, berbagai tugas kuliah dapat dikerjakan dengan baik tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Leave A Comment

Share via